Pengujian Modifikasi Kernel Konvolusi Untuk Penajaman Dan Penghalusan Citra Berwarna

Suriski Sitinjak(1*)

(1) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah
(*) Corresponding Author

Abstract


Suatu citra digital terkadang memiliki kualitas yang kurang baik, misalnya terdapat noise, terlalu tajam, kurang tajam, kabur, terlalu gelap, terlalu terang, dan sebagainya. Untuk itu diperlukan perbaikan kualitas citra digital (image enhancement) sebagai proses awal pengolahan citra (image preprocessing) agar citra dapat digunakan untuk proses selanjutnya, seperti pengenalan pola (patern recognition). Konvolusi merupakan salah satu teknik perbaikan kualitas citra yang digunakan untuk memanipulasi piksel-piksel dalam citra, sehingga diperoleh citra yang memiliki sifat dan informasi yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksperimen terhadap kernel/tapis konvolusi dengan beberapa pengujian untuk penajaman dan penghalusan citra berwarna. Hasil eksperimen/pengujian menunjukkan bahwa tingkat ketajaman suatu citra hasil konvolusi bergantung pada nilai tiap elemen dan ukuran matriks kernel. Semakin besar angka dan ukuran matriks yang digunakan maka semakin tinggi pula tingkat ketajaman yang dihasilkan. Pada penghalusan citra, tingkat kehalusan bergantung pada ukuran matriks kernel. Semakin besar ukuran matriks kernel maka semakin besar tingkat kehalusannya (semakin blur). Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mengetahui kernel yang tepat untuk memperbaiki kualitas suatu citra, sehingga dapat digunakan untuk proses lebih lanjut.
Kata kunci: konvolusi, kernel, citra digital


Full Text:

PDF

References


Putra, Darma (2009). Pengolahan Citra Digital. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Gazali, W., Soeparno, H., Ohliati, J. (2012). Penerapan Metode Konvolusi Dalam Pengolahan Citra Digital.

Dwiandiyanta, B. Yudi. (2011). Konvolusi dan Transformasi, Bahan Ajar Pengolahan Citra, Magister Teknik Informatika. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Suyoto, T, dkk (2009) Teori Pengolahan Citra Digital. Penerbit Andi Yogyakarta dan Udinus Semarang.

Wijaya, Marvin Ch. dan Prijono, Agus. (2007). Pengolahan Citra Digital Menggunakan Matlab Image Processing Toolbox. Penerbit Informatika Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i2.6585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index