Perbandingan Metode Average Linkage, Complete Linkage, dan Ward’S pada Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia

Edy Widodo(1*), Syinta Nuri Mashita(2), Yosi Ghea Prasetyowati(3)

(1) Universitas Islam Indonesia
(2) Universitas Islam Indonesia
(3) Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang mempunyai prestasi kinerja yang signifikan. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan nilai pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah sebesar 5,28%. Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah belum mencapai nilai yang maksimal hal ini dikarenakan belum meratanya tingkat perekonomian di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Indeks Pembanguan Manusia (IPM) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. IPM  juga merupakan  suatu  tolak  ukur maju  atau  tidaknya  suatu  wilayah ataupun  daerah,  karena  dengan  tingkat  IPM  yang  tinggi  suatu  daerah  akan dikatakan berhasil dalam program pembangunannya. Analisis pengelompokkan adalah suatu metode untuk mengelompokan n objek berdasarkan p variat yang memiliki kesamaan karakteristik diantara objek-objek. Penelitian ini membandingkan 3 metode pengelompokkan yaitu average linkage, complete linkage,  dan ward’s yang bertujuan untuk mengelompokkan kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah berdasarkan data indikator IPM tahun 2018. Hasil dari penelitian menunjukkan metode pengelompokkan Average Linkage adalah yang terbaik dengan nilai korelasi cophenetic sebesar 0.865. Jumlah kelompok optimum didapatkan 3 kelompok dengan nilai indeks Calinzki Harabas sebesar 117.213. Metode cluster hierarki average linkage menghasilkan 3 kelompok, yaitu kelompok dengan kategori rendah sebanyak 20 kabupaten/kota, kelompok dengan kategori sedang sebanyak 12 kabupaten/kota dan kelompok dengan kategori tinggi sebanyak 3 kabupaten/kota. Hasil pengelompokan divisualisasikan dengan pemetaan pengelompokan kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah berdasarkan indikator IPM tahun 2018.

Full Text:

PDF

References


H. J. Hr, “No Title.” .

“Wikipedia.” .

S. Achmad, “Analisis Cluster pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia,” in Skripsi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

F. H. Basri, Perekonomian Indonesia Menjelang Abad XXI: Distorsi, Peluang dan Kendala. Jakarta: Erlangga.

S. da. H. Yulianto and K.H., “Analisis Cluster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indokator Kesejahteraan Rakyat,” J. Stat., vol. 2, no. 1.

F. Alfi, “Penerapan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering untuk Klasifikasi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana,” in Skripsi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

S. da. K. Yamin and H., SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap SPPS Seri 1. Jakarta: Salemba.

A. Widarjono, Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i2.6581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index