Penerimaan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model di RSUP Fatmawati

Nanda Aula Rumana(1*), Elina Intan Apzari(2), Deasy Rosmala Dewi(3), Laela Indawati(4), Noor Yulia(5)

(1) Universitas Esa Unggul
(2) Universitas Esa Unggul
(3) Universitas Esa Unggul
(4) Universitas Esa Unggul
(5) Universitas Esa Unggul
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pendaftaran online adalah sebuah sistem dimana pasien melakukan pendaftaran untuk mendapatkan pemeriksaan dari fasilitas pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini beberapa rumah sakit milik pemerintah sudah menerapkan sistem pendaftaran online guna mempermudah proses pendaftaran pasien. Technology Acceptance Model merupakan sebuah model untuk mengukur faktor yang mempengaruhi diterimanya suatu sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran penerimaan pasien terhadap pendaftaran online serta kendala yang terjadi saat menggunakan pendaftaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan desain penelitian crossectional. Dari hasil penelitian yang melibatkan 106 responden 48% diantaranya menyatakan sudah menggunakan sistem pendaftaran online. Karakteristik pasien di RSUP Fatmawati mayoritas berjenis kelamin perempuan (69,81%), umur rata-rata 36 tahun, pendidikan terakhir kebanyakan berpendidikan SMA (59,4%), berstatus menikah (84%), pekerjaan terbanyak yaitu Ibu rumah tangga (31,1%), suku terbanyak yaitu jawa (33%). Pendapatan rata-rata keluarga >UMR (69%). factor yang mempengaruhi penerimaan pasien terhadap sistem pendaftaran online di RSUP Fatmawati adalah faktor Perceived Ease of Use (persepsi kemudahan penggunaan), Behavioral Intention to Use (niat perilaku). Faktor yang paling berpengaruh terhadap penerimaan pasien pada sistem pendaftaran online adalah faktor Behavioral Intention to Use/niat perilaku.. Disarankan RSUP Fatmawati untuk lebih menyosialisasikan cara menggunakan pendaftaran online kepada pasien/masyarakat. Selain itu diharapkan sistem tidak hanya dibuat di android, tapi juga di iOS agar jangkauannya lebih luas, dan diharapkan tersedianya informasi terkait batasan pasien di poliklinik.

Full Text:

PDF

References


Apriani, L., & Rumana, N. A. (2018). Karakteristik dan Pengetahuan Pasien tentang BPJS Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Characteristics and Knowledge of Patients about BPJS Health in Kebon Jeruk District Health Center. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 2(3), 191–197. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/jpppk.v2i3.851

Gaol, A. L. L., Mawarni, A., & Joko, N. (2017). Analisis Evaluasi Implementasi Sik 5Ng Pada Bidan Desa Dengan Metode Tam Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 180–189.

Kemenkes. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan No.269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis. Jakarta: Menteri Kesehatan.

Kemenkes. (2009). Undang-undang No. 44 tentang Rumah Sakit. Peraturan Presiden. Jakarta: Presiden RI. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kemenkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1171/Menkes/PER/VI/2011 Sistem Informasi Rumah Sakit. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.12.490

Listyorini, P. I., & Kalbuadi, R. P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 7(2), 36–43.

Mambu, J. Y., Jonathan, G., Rumawouw, G. M., & Liem, A. T. (2019). Analisis Kemanfaatan dan Kemudahan Sistem Informasi Unklab (SIU) menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Creative Information Technology Journal, 5(2), 95. https://doi.org/10.24076/citec.2018v5i2.175

Prasastika, K., Winarno, W. A., & Kartika. (2015). Pengujian Teori Technology Acceptance Model ( TAM ) Untuk Memprediksi Penerimaan Sistem Pendaftaran Online BPJS Kesehatan Cabang Jember ( Theory Test Technology Acceptance Model ( TAM ) Revenue System For Predicting The Health Branch Registration Online B. Universitas Jember.

Pratiwi, A. (2012). Evaluasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Demam Berdarah Dengue (SIM DBD) dengan Technology Acceptance Model (Tam) di Rumah Sakit Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Semarang Tahun 2011. Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sapty, R. F., Djoko, B., & David, P. (2017). Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) ( Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta ), 1(2), 85–95. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Saputra, E., & Misfariyan. (2013). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). SiTekin Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 10(2).

Wang, Y. S. (2008). Assessing e-commerce systems success: A respecification and validation of the DeLone and McLean model of IS success. Information Systems Journal, 18(5), 529–557. https://doi.org/10.1111/j.1365-2575.2007.00268.x

Winarno, W. W., Adhipta, D., & Triana, N. H. (2014). Evaluasi Sigizi di Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dengan Pemodelan Entented TAM. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 47–52). Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i1.5611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

template doaj grammarly tools mendeley crossref SINTA sinta faktor exacta   Garuda Garuda Garuda Garuda Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index