FASE PENGEMBANGAN KONSEP PRODUK DALAM KEGIATAN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK

Muhammad Irvan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan dunia industri yang sangat pesat saat ini, telah menciptakan
suatu kondisi persaingan produk yang sangat tinggi dan cepat sekali. Persaingan ini tidak hanya didominasi pada jenis-jenis produk berteknologi tinggi seperti halnya pada jenis produk telepon genggam, bahkan juga sampai pada jenis-jenis produk keperluan rumah tangga seperti halnya alat pel lantai sampai dengan sabun cuci piring yang digunakan. Kondisi persaingan ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi seluruh pelaku industri agar tidak tertinggal ataupun sampai dengan gulung tikar. Satu solusi yang tepat untuk kondisi tersebut adalah dengan memperkuat kegiatan perancangan dan pengembangan produk bagi internal perusahaan manufaktur yang ada. Dengan
menggunakan suatu metodologi perancangan produk yang sistematis, yaitu melalui enam fase perancangan dan pengembangan produk secara umum, yang telah banyak dibahas dan digunakan sebagai referensi dalam pelaksanaan kegiatan perancangan dan pengembangan produk. Dalam makalah ini, dibahas tentang salah satu fase yang terdapat dalam enam fase pengembangan produk yang ada. Fase ini merupakan salah satu fase terpenting dalam kegiatan perancangan dan pengembangan produk, yaitu fase pengembangan konsep. Jenis produk yang diangkat dalam pembahasan ini adalah salah satu jenis produk alat bantu manusia dalam mengangkat benda berat, produk Hand Lifter.

Kata kunci : Perancangan dan pengembangan produk, enam fase perancangan, fase
pengembangan konsep, Hand Lifter


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v4i3.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index