Implementasi Algoritma Naïve Bayes Classifier untuk Analisis Sentimen Customer pada Toko Online

Prima Dina Atika(1*), Prima Dina Atika(2), Suhadi Suhadi(3)

(1) 
(2) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
(3) STMIK Bani Saleh
(*) Corresponding Author

Abstract


Belanja Online atau biasa dikenal dengan Toko Online atau Online Shop merupakan tempat pembelian barang dan jasa melalui media Internet, atau salah satu bentuk perdagangan elektronik (Ecommerce) yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen melalui sebuah aplikasi dan transaksi dilakukan tanpa layanan perantara. Dari beberapa toko online yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa marketnya sangat signifikan, sehingga digemari oleh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis untuk melihat sentimen customer dalam belanja di toko Online, menggunakan algoritma naïve bayes Classifier, Algoritma Naive Bayes Classifier merupakan metoda klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik. Dalam penelitian ini konsumen ditujukan kepada segmen pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Hasil analisis sentimen customer untuk toko Online A, B, C, D, E adalah Untuk Variabel Harga (VH) sebesar 0.00000023, Variabel Produk (VP) sebesar 0.0000049, Variabel Kemudahan Transaksi (VKT sebesar 0.0000048, Variabel Keamanan Transaksi (VKMT) sebesar 0.0000038, Variabel Kepercayaan (VK) sebesar 0.000015.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alpayd?n, E. (2014). Introduction to Machine Learning Second Edition. In The MIT Press Cambridge, Massachusetts London, England (Vol. 1107). https://doi.org/10.1007/978-1-62703-748-8_7

Digital in 2019. (2019). Retrieved June 27, 2019, from https://wearesocial.com/global-digital-report-2019

Find Out E-commerce Competition in Indonesia. (2019). Retrieved June 27, 2019, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Nurhuda, F., Widya Sihwi, S., & Doewes, A. (2016). Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 2(2), 35. https://doi.org/10.20961/its.v2i2.630

Setyawan, D., & Winarko, E. (2016). Analisis Opini Terhadap Fitur Smartphone Pada Ulasan Website Berbahasa Indonesia. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 10(2), 183. https://doi.org/10.22146/ijccs.17485

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Wan, Y., & Gao, Q. (2015). An Ensemble Sentiment Classification System of Twitter Data for Airline Services Analysis. ICDMW ’15 Proceedings of the 2015 IEEE International Conference on Data Mining Workshop (ICDMW), (November 14-17, 2015), 1318–1325.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i4.5224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index