ANALISIS STUDI REKAYASA NILAI DALAM USAHA MENGEMBANGKAN DESAIN BOTOL MINUMAN DI PT. IGLAS (PERSERO) SURABAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan desain botol minuman yang dimulai dengan identifikasi kebutuhan botol minuman, dilanjutkan dengan mengembangkan metodologi untuk mengukur performansi desain botol minuman sehingga dapat dievaluasi desain yang optimal. Dari hasil kuesioner responden didapatkan adjective botol minuman ideal yakni model desain menarik, praktis, harga terjangkau, tahan pecah, kenyamanan, aman, awet dan profil kepala botol. Dengan menggunakan analisis morfologi maka desain botol minuman dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk, bahan dan warna. Kemudian didapatkan delapan alternative desain botol minuman terpilih untuk diseleksi dengan metode Zero One dan Matriks evaluasi. Lalu dihitung biaya produksi masing-masing desain botol minuman sehingga didapatkan desain terbaiknya yakni botol minuman dengan bahan baku import, peformansinya
19,171 dan nilai (value) yang dihasilkan adalah 8,95 dengan biaya produksi sebesar Rp. 214.299.622,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rekayasa Nilai dapat dimplementasikan dengan hasil baik pada desain botol minuman sehingga terjadi peningkatan nilai tambah pada bentuk, bahan dan warna yang serasi sesuai dengan selera atau minat konsumen serta keuntungan yang dapat diperoleh. Sudah sewajarnya jika perusahaan mempergunakan Rekayasa Nilai dalam merencanakan botol minuman untuk konsumennya.
Kata kunci : Rekayasa Nilai, analisis morfologi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v4i3.52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.