ANALISA DAN PERANCANGAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DESA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN UML

Asep Ramdhani Mahbub
Kusdarnowo Hantoro
Yanih Suyanih

Abstract


Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian penting dalam aktifitas sehari-hari, banyak pihak yang memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan salah satunya adalah pelayanan sektor pemerintah. Tidak semua informasi tersampaikan dan terlayani kepada masyarakat  secara cepat, lengkap, dan teratur karena jangkauan informasinya yang terbatas. Layanan informasi publik diharapkan mampu mendukung adanya transparansi pengelolaann desa kepada masyarakat yang dilayaninya. Penyediaan layanan pemerintahan desa secara online (e-service), menunjukkan terjadinya peningkatan komunikasi dan informasi yang mendorong peningkatan kepercayaan di masyarakat. Purwarupa  sistem layanan yang dibangun secara cepat untuk memfasilitasi penyampaian oleh masyarakat menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Sistem ini memberikan informasi status pengaduan yang telah disampaikan yang selalu termutakhirkan sehingga dapat dijadikan perangkat pengawasan masyarakat terhadap kinerja layanan pemerintah. Dengan sistem ini masyarakat juga dapat terlibat sebagai agen informasi untuk kepentingan promosi desanya. Dari hasil penelitian, disarankan untuk melakukan sosialisasi lebih giat, selain juga pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk mengoperasikan secara online merupakan kunci suskesnya program ini.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiyono;Topohudoyo; 2017. “Membangun Layanan Informasi Publik Melalui Fitur-Fitur Website Desa.” 12.

Gustafson, David PhD. 2002. Software Engineering. Schaum Outline Series Mc Graw Hill.

Masya, Fajar and Fitri Maria Simanjuntak. 2012. “Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Divisi Humas POLRI Berbasis Web.” 2012(Snati):15–16.

Pratama, Rizky Hersya, Abdul Hakim, and Muhammad Shobaruddin. 2009. “Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), Eelektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (e-RT/RW).” 3(12):2128–32.

Wahyu Hidayat Ibrahim, Idria Maita. 2017. “Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar.” Junal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 3(2):17–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i1.4866

Article metrics

Abstract views : 47 | Full Text views : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

aterindeks

DOAJ faktor exacta Garuda Ristekdikti isjd sinta isjd pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index