PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DOCUMENT MONITORING SAMPLING PRODUCT PADA PT. XY DENGAN METODE PROTOTYPE

achmad noeman(1*), dwipa handayani(2)

(1) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
(2) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin pesat. Dengan adanya teknologi akan memberikan kemudahan serta  sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam melakukan pengolahan data. Salah satu komponen penting dari hampir seluruh sertifikasi standarisasi adalah adanya informasi pengontrolan mutu yang dilakukan oleh perusahaan atau entitas organisasi. Monitoring adalah sesuatu penilaian (assesment) yang rutin (harian) terkait aktivitas dan perkembangan yang sedang berlangsung, sementara evaluasi adalah penilaian yang bersifat periodik terkait semua pencapaian. Pengelolaan data yang baik akan dijadikan sumber informasi penting  dalam proses pengambilan keputusan bagi perusahaan. Bagian quality control (QC)  pada perusahaan PT. XY. Tujuan dari penelitian yaitu membangun sebuah system untuk mempermudah dalam mengontrol dokumen quality control perusahaan tersebut. Metode pada penelitian ini menggunakan prototype. Informasi yang cepat dan tepat dari sistem produksi diperlukan dalam pengembangan perusahaan agar efektifitas dan efisiensi dapat tercapai. Kontrol mutu atau quality control (QC) adalah suatu kegiatan untuk mengukur kualitas suatu barang dengan membandingkannya sesuai dengan spesifikasi dan syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pada bagian Quality control (QC) bertugas  memeriksa (inspecting), menguji (testing), dan memisahkan (grading) dengan menggunakan statistik sebagai analisa angka-angka (data-data) yang tepat, sebagai jawaban untuk pembanding dan estimasi hasil yang baik dan yang tidak baik dalam proses produksi pada perusahaan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


E. Asep, “Kpi Based Quality Management Iso 9001:2000,” Fakt. Exacta, vol. 3, no. 1, pp. 172–180, 2015.

H. Agusvianto, “Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus : PT.Alaisys Sidoarjo,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, p. 40, 2017.

D. NURDIYAH and S. Handayani, “Restful Web Service Sistem Presensi Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang),” J. Transform., vol. 15, no. 2, p. 60, 2018.

H. V. Suparyo, “Prototipe Prediksi Persediaan Suku Cadang Berdasarkan Pola Konsumsi Dan Dead Stock Dengan Menggunakan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System ( Anfis ),” vol. 10, no. 4, pp. 290–299, 2017.

A. O. Sari and E. Nuari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast(Framework for the Applications),” None, vol. 13, no. 2, pp. 261–266, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i3.4678

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index