ANALISIS BEBAN KERJA FISIOLOGI PADA PROSES PRODUKSI PEMBUATAN RUMAH BONEKA DENGAN PEKERJA PENYANDANG DISABILITAS

Tiara Tiara(1), Surya Perdana(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT RB merupakan perusahaan UMKM yang memproduksi rumah boneka berbahan dasar kayu. Posisi kerja seluruh operator dilakukan dengan kondisi jongkok, duduk di lantai dan duduk di kursi roda tanpa meja. Semua akivitas operator tersebut mengakibatkan kelelahan dengan tingkat denyut jantung yang tinggi. Kegiatan produksi di PT RB dilakukan sekitar 8 jam/hari. Operator yang mengalami kelelahan secara fisiologi (fisik) dapat menyebabkan penurunan pada produksi, sehingga perlu dilakukan pengukuran beban kerja secara fisiologi dan analisis terhadap proses produksi perusahaan. Adapun data primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data pengukuran metabolisme tubuh untuk menilai beban kerja. Adapun data Primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari: 10 denyut nadi pada pekerja produksi rumah boneka kepada 8 operator dengan 6 stasiun kerja. Konsumsi energi terbesar dialami oleh operator pada stasiun kerja pengamplasan (41Kkal/jam). Sedangkan nilai yang paling rendah terdapat di stasiun kerja pembuatan pola (2 Kkal/jam). Pekerjaan ini tergolong kedalam beban kerja ringan dikarenakan lebih kecil dari 100-200Kkal/jam.

Kata Kunci:Beban Kerja Fisiologi, Rumah Boneka, Disabilitas


Full Text:

PDF

References


Annisa, R. N. dan Farihah, T. 2017. Analisa Beban Kerja Fisik Sebagai Dasar Penentuan Waktu Istirahat yang Optimal (Studi Kasus Di PT. X). Integrated Lab Journal, Vol. 05, No. 01, Hal. 1-12.

Magrib, N. I. D. 2011. Pengukuran Beban Kerja Dengan Metode Fisiologi (Studi Kasus Pada “X” Fitness Center Ambon). MATRIK (Jurnal Manajemen dan Teknik Industri - Produksi), Vol. 11, No. 1, Hal. 50-59.

Mutia, M. 2014. Pengukuran Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis Pada Operator Pemetikan Teh dan Operator Produksi Teh Hijau Di PT Mitra Kerinci. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13 No. 1, Hal. 503-517.

Puteri, R. A. M. dan Sukarna, Z. N. K. 2017. Analisis Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode CVL dan NASA-TLX Di PT. ABC. Spektrum Industri, Vol. 15, No. 2, Hal. 121–255.

Ruslani, L. dan Nurfajriah. 2015. Analisis Beban Kerja Fisiologi dan Psikologi Karyawan Pembuatan Baju Di PT Jaba Garmindo Majalengka. Bina Teknika, Vol. 11, No. 2, Hal. 114-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i3.4380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index