PROTOTIPE SISTEM E-LEARNING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT: STUDI KASUS SMK GENERASI MADANI
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan e-learning dan knowledge management di Sekolah Menengah
Kejuruan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi saat ini. Sebagai salah satu Sekolah Menegah Kejuruan, SMK Generasi Madani perlu juga mengelola e-learning dan knowledge yang ada. Untuk itu akan dilakukan usaha-usaha untuk mewujudkan e-learning berdasarkan pada knowledge management untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap siswa SMK Generasi Madani. Dalam usaha menerapkan e-learning dan knowledge management, maka dilakukan penelitian dengan
menggunakan metode studi kasus dengan melakukan pengamatan langsung serta wawancara dimana sampling yang dilakukan menggunakan Non Random Sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode kerangka kerja Tiwana, dengan kerangka pengembangan knowledge management system Becerra-Fernandez. Tahap pengkodean menggunakan bahasa pemrograman PHP
serta pengujian dengan metode Software Quality Assurance (SQA) dan ISO 9126. Hasil dari penelitian tersebut adalah suatu sistem e-learning berbasis knowledge management yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan SMK Generasi Madani..
Kata kunci: Prototipe, Knowledge Management, E-Learning, Non Random Sampling, SMK, Kerangka Kerja Tiwana
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v7i2.258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.