MODEL PENILAIAN SISWA TERHADAP PENERIMAAN MATERIAJAR KKPI BERDASARKAN PENDEKATAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) MAMDANI: STUDI KASUS SMK WIRA BUANA 2
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam kegiatan pendidikan, guru memegang peranan yang sangat penting
dalam mengembangkan kecakapan dan kepribadian siswa. Melalui pendidikan, siswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan program akademik, tuntutan sosial dan tuntutan psikologis di lembaga pendidikan tempat ia mengembangkan dirinya. Guna meningkatkan kepuasan siswa di SMK Wira Buana 2 terhadap penerimaan materi ajar (khususnya matapelajaran KKPI), Maka harus melakukan evaluasi terhadap tingkat
kepuasan siswa. Evaluasi ini dilaksanakan untuk mengetahui letak keunggulan dan kelemahan pelayanan. Selama ini evaluasi yang dilakukan masih menggunakan sistem manual hingga memakan waktu yang lama di karenakan jumlah siswa yang cukup banyak dan berdampak pada hasil yang kurang akurat. Maka pada saat ini dibuatlah model penilaian siswa terhadap materi ajar kkpi berdasarkan silabus dengan menggunakan pendekatan fuzzy inference system (FIS) Mamdani dengan program Matlab. Hasil yang
akan diperoleh yakni berupa keakuratan dan memenuhi standar kualitas terhadap penerimaan materi ajar pelajaran KKPI.
Kata Kunci: Kepuasaan Siswa, Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani, Matlab, SQA, KKPI
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v7i2.254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.