ANALISIS DAMPAK PENGARUH GAME MOBILE TERHADAP AKTIFITAS PERGAULAN SISWA SDN TANJUNG BARAT 07 JAKARTA

Heri Satria Setiawan(1*)

(1) Universditas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menuntut kita untuk jeli memilah dan memilih berbagai informasi yang kita terima. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi adalah munculnya perangkat gadget berupa smartphone yang selain berguna sebagai sarana komunikasi juga bisa sebagai game.. Berbagai permainan diakses melalui internet secara bebas. Tidak hanya informasi, berbagai sarana hiburan juga disajikan oleh internet. Salah satunya adalah game mobile. Seiring dengan perkembangan, bermunculan beragam game yang menarik para siswa sehingga berdampak terhadap aktifitas pergaulannya dan prestasi sekolah mereka. Perubahan perilaku pada remaja yang mengalami kecanduan game mobile mungkin tidak dirasakan oleh siswa itu sendiri, tetapi dapat dirasakan oleh orang lain dilingkungan mereka khususnya orang tua dan guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dampak pengaruh game mobile terhadap aktifitas pergaulan siswa SD Negeri 07 Tanjung Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa SD yang terkategori memiliki tingkat suka main Game Mobile tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket pada siswa. Ada tiga dampak dari kecanduan Game menurut WHO (World Health Organization): Menarik diri dari lingkungan, mudah kehilangan kendali, dan tidak peduli dengan kegiatan lain di sekitarnya. Namun Pilihan permainan yang tepat dan tidak mengandung unsur kekerasan, serat pemakaian yang tidak kecanduan diketahui bermanfaat meningkatkan kinerja otak.

 

Kata kunci : GameMobile, Siswa, Aktifitas, Pergaulan, Prestasi

 

 

Abstract. The rapid advancement of information and communication technology requires us to carefully sort and select the various information we receive. One of the impact of technological advances is the emergence of gadgets such as smartphones in addition to useful as a means of communication can also be a game .. Various games accessed via the internet freely. Not only information, various entertainment facilities are also presented by the internet. One of them is mobile games. Along with the development, emerging a variety of games that attract students so that the impact on their social activities and school performance. Changes in behavior in adolescents who are addicted to mobile games may not be perceived by the students themselves, but can be felt by others in their environment, especially parents and teachers. The aim of this research is to examine the effect of the influence of mobile games on the social activities of elementary school students 07 Tanjung Barat Barat. The subjects of this study are elementary students who are categorized as having a high level of play for Mobile Games. Data collection methods used are questionnaires on students. There are three effects of Game addiction according to the WHO (World Health Organization): Withdraw from the environment, easily lose control, and not care about other activities around it. But the choice of the right game and does not contain elements of violence, non-addictive usage fiber known to be useful improve brain performance

 

Keywords: GameMobile, Student, Activities, Intercourse, Achievement

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Harsono, M, 2014, Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja, Surya University, Serpong.

Henry, 2010. Cerdas Dengan Game: Apa Saja yang Dipengaruhi oleh Video Game. Jakarta: Gramedia

Rini, Ayu. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta : Pustaka Mina.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Theodora, 2012. Hubungan Antara Kecanduan Internet Game Online danKeterampilan Sosial pada Remaja(Relation Between Internet Game Online Addiction andSocial Skills in Adolescents). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Yuriastien, Effiana, Daisy Prawitasari, Ayu Bulan febry. 2009. Games Theraphy untuk Kecerdasan Bayi & Balita. Jakarta: WahyuMedia

Yuwanto, Lystio. 2010. Mobile Phone Addict. Surabaya: Putra Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i2.2338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

template doaj grammarly tools mendeley crossref SINTA sinta faktor exacta   Garuda Garuda Garuda Garuda Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index