Pengaruh Pengguna E-commerce terhadap Transaksi Online Menggunakan Konfirmasi faktor Analisis
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Transaksi online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli secara online melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual. Dengan demikian maka akan berdampak langsung terhadap meningkatkan pangsa pasar. Sehingga ada pengaruh pengguna e-commerce dengan transaksi online, dan berdampak pada peralihan model transaksi yang sebelumnya dilakukan langsung menjadi proses tidak langsung dengan perantara aplikasi e-commerce. Dengan variabel laten dan dimensi konstruk maka rumusan masalah, adalah untuk mengukur indikator-indikator yang dikonsepsikan secara unidimensional, tepat, dan konsisten dan indikator-indikator ada yang dominan membentuk konstruk yang ditetili. sehingga alasan seseorang menjadikan tindakan/perilaku orang tersebut sebagai tolok ukur dalam penerimaan sebuah teknologi. Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan dari teori psikologis, menjelaskan perilaku pengguna komputer yaitu berlandaskan pada kepercayaan (belief), sikap (attitude), keinginan (intention), dan hubungan perilaku pengguna (user behaviour relationship Tujuannya untuk mengetahui konstruk atau variabel laten. Dengan mengkonfirmasikan atau menguji model pengukuran untuk mendapatkan konstruk atau variabel laten yang fit atau signifikan. Dari hasil pengujian dengan sampel 121 reposponden data yang telah di bersihkan dan diuji dengan metode Konfirmasi faktor analisis kedua variabel, dengan melihat nilai dimensi konstruk untuk E-Commerce yang mempengaruhi adalah harga yang ditawarkan X1 = 0,878, kenyamanan pada saat belanja X2 = 0,90, kemudahan mencari produk X4 = 0,802. Kemudian untuk dimensi konstruk Transaksi Online yang mempegaruhi adalah melakukan transaksi online sekurang-kurangnya 1 minggu sekali X6 = 0,702, sharing informasi yang dimiliki setelah melakukan tansaksi online X7 = 0,635, dengan transaksi online dapat mencari yang dibutuhkan dalam pekerjaan X8 = 0,782. hasil yang diperoleh menunjukan discriminant validity yang tinggi untuk varibel e-commerce dan transaksi online. Kedua konstruk menghasilkan nilai realibilitas konstruk diatas yang direkomendasikan ? 0,70, jika dilihat dari hasil pehitungan Realilitas konstruk e-commerce 0,937 dan Realibilitas transakasi online 0,829. Untuk variance extracted konstruk e-commerce sebesar 0,902 dan Kontruk Transaksi online sebesar 0,787. Jadi nilai hasil Variance di rekomendasikan ? 0,5 maka kedua konstruk e-commerce dan Transaksi di rekomendasikan.
Keyword : E-commerce, Transaksi online. Technology Acceptance Model (TAM)
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i1.2306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.