PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENURUT KERAGAMAN SISWA DAN ORANG TUA : STUDI KASUS SMALB PANGUDI LUHUR JAKARTA

CAKA GATOT PRIAMBODO(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat,
kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan E-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (content) dan sistemnya. Saat ini konsep E-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas maupun industri). SMALB.B adalah Sekolah Menengah Atas Luar Biasa bagian tunarungu wicara yang mulai menerapkan sistem pembelajaran E-Learning guna meningkatkan mutu proses pembelajaran yang baik sehingga tercipta sekolah yang baik yang dapat meluluskan siswa dengan pembekalan ilmu yang cukup banyak. Permasalahannya apakah sistem E-Learning pada SLB.B efektif bagi usernya (siswa). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes yang diberikan pada akhir proses pembelajaran yang menggunakan E-Learning dalam proses pembelajaran maupun secara konvensional. Disamping itu pengumpulan data juga dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan E-Learning dalam proses pembelajaran. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini memanfaatkan perangkat lunak AMOS versi 16. Dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa penggunaan E-Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan efektivitas belajar menurut keragaman siswa dan orang tua sehingga menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dan mampu mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih tinggi.
Kata kunci: e-learning, motivasi, efektivitas, tunarungu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index