PENGARUH TUTOR SEBAYA TERHADAAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DAARUSSALAAM JAKARTA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan secara empiris tentang pengaruh
penggunaan teknik tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Penelitian ini digunakan dengan menggunakan metode eksperimen. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive random sampling dengan jumlah sampel dari populasi yang berjumlah 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes evaluasi yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji syarat data, yakni uji normalitas dan homogenitas serta uji beda rata-rata. Hasil pengujian hipotesis ini diperoleh melalui uji beda rata-rata(uji t) pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisa data diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen = 12,8 dengan varian = 6,43 sedangkan rata-rata kelas kontrol = 11,5 dengan varian = 8,42. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thit = 2,089 sedangkan ttabel = 2,02. Karena thit > ttabel maka dengan demikian
H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika, khususnya pada pokok bahasan segi empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Hasil Belajar Matematika, Analisa Kompharasi, Uji Kesamaan dua
Rata-rata.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v3i2.17
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.