Pengembangan Sistem Informasi RPTRA Info Menggunakan Metode Prototype

Mercy Hermawati(1*), Akbar Muchbarak(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


RPTRA Info merupakan aplikasi berbasis Android yang digunakan untuk mengetahui informasi lokasi serta sarana dan prasarana yang ada di RPTRA se Jakarta Selatan. Data berupa profil singkat RPTRA beserta foto-foto kondisi sarana dan prasarana yang ada di dalamnya diperoleh dengan cara melakukan survey secara langsung ke lokasi RPTRA. Di masa pandemi Covid19 ini kegiatan di RPTRA dibatasi, sehingga terkadang tidak mengizinkan warga masuk selain petugas. Hal ini tentu saja membuat proses pembaharuan informasi dengan cara survey langsung ke lokasi menjadi terhambat.

Untuk dapat selalu memberikan informasi terkini terkait sarana dan prasarana yang ada di RPTRA Jakarta Selatan, maka perlu dibuatkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola data di masing-masing RPTRA oleh masing-masing pengelola RPTRA itu sendiri. Namun diperlukan metode yang tepat dalam merancang sistem tersebut agar dapat sesuai dengan keinginan dari masing-masing stakeholder, dalam hal ini terdiri dari Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Selatan beserta para pengelola RPTRA yang tersebar di seluruh Jakarta Selatan. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode Prototype, dimana peneliti akan membuat sebuah prototype berdasarkan kebutuhan awal sistem. Hasil rancangan berupa prototype ini dipresentasikan ke seluruh stakeholder dan hanya perlu sedikit penyesuaian mengikuti masukan-masukan dari para stakeholder. Setelah mendapat masukan, selanjutnya dirumuskan masukan mana saja yang akan dieksekusi. Sehingga kemudian dilakukan pembuatan atau penyempurnaan sistem tersebut. Dengan cara seperti ini, dapat mempercepat proses pembuatan sistem mengingat jumlah stakeholder yang cukup banyak yaitu pengelola dari 62 RPTRA dan juga minimnya pemahaman stakeholder mengenai Pengembangan Sistem Informasi.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Iqsyan Iswara Putra, “Jumlah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Yang Diresmikan Pemprov DKI Jakarta Hingga Tahun 2019.” https://statistik.jakarta.go.id/jumlah-ruang-publik-terpadu-ramah-anak-rptra-yang-diresmikan-pemprov-dki-jakarta-hingga-tahun-2019/ (accessed Jun. 18, 2022).

“Android Overview,” Open Handset Alliance. http://www.openhandsetalliance.com/android_overview.html (accessed Jun. 19, 2022).

M. Hermawati and A. Muchbarak, “Open Data Kit System dan Smartphone Android Sebagai Solusi Pengumpulan Data RPTRA Jakarta Selatan,” Fakt. Exacta, vol. 13, no. 3, pp. 149–158, 2020, doi: 10.30998/faktorexacta.v13i3.5944.

A. Muchbarak and M. Hermawati, “Info RPTRA Jakarta Selatan”, [Online]. Available: https://apkpure.com/id/info-rptra-jakarta-selatan/id.rptra.survei

R. Susanto and A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Model Pengembangan Sistem Informasi.”

P. M. Ogedebe and B. P. Jacob, “Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience,” ARPN J. Syst. Softw. Softw. , vol. 2, no. 6, pp. 219–224, 2012.

R. dan S. A. S., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.13356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index