Perbaikan Tata Letak Gudang Dengan Metode Shared Storage Pada Distributor Mawar Super Laundry

Surya Perdana(1*), Tiara Tiara(2), Adik Ahmad Unggul Nugeroho(3)

(1) (Scopus ID: 57202802444), Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan gudang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam industri manufaktur. Dalam merancang layout gudang harus memperhitungkan kecepatan gerak barang, dimana barang yang bergerak cepat diletakkan lebih dekat, sehingga mengurangi gerakan bolak-balik. Salah satu distributor Mawar Super Laundry cabang Condet mengalami masalah dalam pengelolaan gudang yang tidak tertata dengan baik. Sehingga perlu adanya perancangan ulang tata letak gudang agar penempatan produk lebih efisien serta lebih tertib. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dalam penelitian ini akan menggunakan metode shared storage agar didapat hasil layout yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat meminimalkan ongkos material handling. Kondisi tata letak pada gudang distributor mawar yang sekarang tidak memiliki aturan yang pasti, produk yang datang diletakkan pada lahan yang kosong. Keadaan ini menimbulkan proses pencarian produk menjadi lebih lama. Dalam tata letak perbaikan usulan dengan penerapan metode Shared Storage, menempatkan produk berdasarkan urutan Frekuensi yang terbesar pada slot yang memiliki jarak tempuh terpendek terhadap titik I/O point atau pintu gudang. Ketentuan ini adalah untuk memudahkan trolly pada proses pengambilan dan penyimpanan produk serta meminimasi jarak total material handling.

Full Text:

PDF

References


R. A. Prasetyo, D. Herwanto, and K. Kusnadi, “Usulan Penerapan Metode Shared Storage pada Tata Letak Stock di Gudang PT XYZ,” J. Tek. Sist. dan Ind., vol. 2, no. 2, pp. 124–134, Dec. 2021, doi: 10.35261/gijtsi.v2i2.5652.

I. H. Kuswoyo and A. S. Cahyana, “Tata Letak Gudang Raw Material Chemical Menggunakan Metode Shared Storage dan Rel Space,” Spektrum Ind., vol. 14, no. 1, pp. 1–10, 2016.

I. Noor, “Peningkatan Kapasitas Gudang Dengan Redesign Layout Menggunakan Metode Shared Storage,” J. JIEOM, vol. 1, no. 1, pp. 12–18, 2018.

J. Arifin and T. Pamungkas, “Perbaikan Tata Letak Gudang Dengan Menggunakan Metode Shared Storage Pada Perum Bulog Subdivre Karawang,” J. Media Tek. Sist. Ind., vol. 3, no. 1, pp. 7–14, 2019.

Y. A. Nugroho and K. P. A. Pranata, “Penataan Layout Gudang Penyimpanan Consumer Goods Menggunakan Metode Shared Storage,” J. Cakrawala Ilm., vol. 1, no. 4, pp. 597–603, 2021.

P. S. A. Santoso, L. Herlina, and E. Febianti, “Usulan Tata Letak Gudang Produk Jadi Dengan Metode Shared Storage Dan Pendekatan Simulasi Di PT. Lotte Chemical Titan Nusantara,” J. Tek. Ind., vol. 4, no. 3, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.13125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index