Penerapan Lean Project Management Pada Proyek Pembangunan Water Treatment System Di PT Karya Nurindo

Surya Perdana(1*), Arif Rahman(2), Tulus Widjajanto(3)

(1) (Scopus ID: 57202802444), Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Karya Nurindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi pembangunan instalasi pengolahan air. Saat ini PT Karya Nurindo sedang menjalankan proyek pembangunan Water Treatment System di Perum PERURI. Pengerjaan yang sedang dilakukan perusahaan tersebut adalah tanki penyimpanan limbah cair B3. Dalam pengerjaan proyek tersebut terdapat beberapa kendala yang menyebabkan keterlambatan dari jadwal yang sudah direncanakan. Untuk mengurangi kerugian yang timbul maka perlu dilakukan perbaikan, menghilangkan waste dan melakukan percepatan pengerjaan proyek dengan sisa waktu yang masih tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan waste yang ada pada proyek pembangunan Water Treatment System, sehingga dalam pelaksanaan proyek dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan analisis munggunakan metode Lean Project Management (LPM). Dari hasil dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa waste yang terdapat pada pelaksanaan proyek pembangunan Water Treatment System (tanki penyimpanan limbah cair B3) yang dikerjakan oleh PT Karya Nurindo di Perum PERURI adalah Waste Waiting. Penyebab munculnya Waste Waiting dikarenakan faktor lingkungan dan faktor material. Untuk mengatasi risiko yang terdapat penelitian ini adalah dengan melakukan percepatan, pada pekerjaan ini dilakukan penambahan pekerja dan melakukan pengiriman material dengan jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan.

Full Text:

PDF

References


. Artika, “Penerapan Metode Lean Project Management Dalam Proyek Konstruksi Pada Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir,” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 2, no. 1, pp. 171–179, 2014.

Hatpito, Anwardi, and M. I. Hamdy, “Identifikasi Waste Proyek Konstruksi Jalan dengan Menggunakan Metode Lean Project Management,” J. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, pp. 115–124, 2019.

E. Febianti, L. Herlina, and A. Herfaisal, “Analisis Proyek Konstruksi Menggunakan Critical Chain Project Management dan Lean Construction Untuk Meminimasi Waste,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015, 2015, pp. 1–15.

M. Nurfitriansyah, E. Mulyani, and M. Indrayadi, “Mengaplikasikan Metode Lean Project Management dan Metode Penjadwalan CCPM Dalam Tahap Perencanaan Proyek Konstruksi,” JeLAST, vol. 6, no. 1, pp. 200–214, 2019.

L. Nafiah, W. Fatmawati, and Nurwidiana, “Perencanaan Proyek Konstruksi Pembangunan Gedung Kampus 3 UIN Walisongo Semarang Dengan Metode Lean Project Management,” in Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, 2019, pp. 244–254.

S. H. S. Untu, A. K. T. Dundu, and R. J. M. Mandagi, “Penerapan Metode Lean Project Management Dalam Perencanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Pembangunan Gedung Mantos Tahap III),” J. Sipil Statik, vol. 2, no. 6, pp. 320–329, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i3.11817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index