IMPLEMENTASI ALGORITMA COLLABORATION FILTERING DALAM WEBSITE E-COMMERCE (STUDI KASUS TOKO INDRI COLLECTION)

Fajar Rizky(1*), Wawan Gunawan(2)

(1) 
(2) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author

Abstract


teknologi informasi dan ilmu pengetahuan mengalami pengembangan dan semakin maju, Saat ini yang berkembang adalah  situs belanja online, situs belanja online lebih popular dengan sebutan E-Commerce. Perkembangan situs belanja online membuat pelaku usaha memulai menjual barangnya melalui situs belanja online. E-Commerce merupakan tempat suatu kegiatan jual-beli yang di lakukan secara online antara pelanggan dan penjual tanpa harus bertemu langsung melalui situs atau website.

Toko Indri Collection memasarkan dan menjual barang menggunakan media sosial, memasarkan dan menjual barang di sosial media sangat tidak aman untuk penjual dan pelanggan. Toko Indri Collection masih melakukan pencatatan secara manual dengan cara mencatat di buku. Cara seperti ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencari data transaksi penjualan dan juga merekomendasikan barang kepada pelanggan. Dengan pembuatan website dan menggabungkan algoritma Collaborative Filtering dapat membantu penjualan agar dapat menginformasikan barang berkualitas berdasarkan rating pada produk. Dengan collaborative filtering menghasilkan prediksi tertingi yaitu dengan angka 5 dan 3.966


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


H. S. Setiawan and A. Pamuji, “Membangun Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Pada E-Commerce Melalui Penerapan Logika Fuzzy Tahani,” Fakt. Exacta, vol. 9, no. 4, pp. 341–352, 2016.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.

H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 6, 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.

Y. Fitriani and R. Pakpahan, “Analisa Penyalahgunaan Media Sosial untuk Penyebaran Cybercrime di Dunia Maya atau Cyberspace,” CAKRAWALA J. Hum. Bina Sarana Inform., vol. 20, no. 1, 2020.

E. Erlangga and H. Sutrisno, “Sistem Rekomendasi Beauty Shop Berbasis Collaborative Filtering,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 10, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.36448/jmsit.v10i2.1611.

Y. S. Triana, F. F. Adrianti, and F. A. Maharani, “Implementasi Metode Content Based Filtering Pada Aplikasi Pencarian Taman Penitipan Anak,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 163–169, 2019, doi: 10.29207/resti.v3i2.921.

B. Prasetyo, H. Haryanto, S. Astuti, E. Z. Astuti, and Y. Rahayu, “Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering dalam Pemberian Rekomendasi Calon Pembeli Aksesoris Smartphone,” Eksplora Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–27, 2019, doi: 10.30864/eksplora.v9i1.244.

A. E. Wijaya and D. Alfian, “Sistem Rekomendasi Laptop Menggunakan Collaborative Filtering Dan Content-Based Filtering,” J. Comput. Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 11–27, 2018.

A. ’Alim, A. Solichin, and P. Painem, “Sistem Rekomendasi Keterampilan Teknologi Informasi Dengan Metode User-Based Collaborative Filtering dan Log-Likelihood Similarity,” CogITo Smart J., vol. 6, no. 2, p. 141, 2020, doi: 10.31154/cogito.v6i2.234.141-154.

P. W. W. Andrew Hans Ritdrix, “Sistem rekomendasi buku menggunakan metode item-based collaborative filtering skripsi,” vol. 9, pp. 24–32, 2018.

B. Alhijawi, “8Vlqj * Hqhwlf $ Ojrulwkpv Iru 0Hdvxulqj Wkh 6Lplodulw 9Doxhv Ehwzhhq 8Vhuv Lq & Rooderudwlyh,” pp. 3–8, 2016.

A. Pamuji, “Sistem Rekomendasi Kredit Perumahan Rakyat Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” Fakt. Exacta, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2017.

V. Subramaniyaswamy, R. Logesh, M. Chandrashekhar, A. Challa, and V. Vijayakumar, “A personalised movie recommendation system based on collaborative filtering,” Int. J. High Perform. Comput. Netw., vol. 10, no. 1–2, pp. 54–63, 2017, doi: 10.1504/IJHPCN.2017.083199.

M. W. Putri, A. Muchayan, and M. Kamisutara, “Sistem Rekomendasi Produk Pena Eksklusif Menggunakan Metode Content-Based Filtering dan TF-IDF,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 3, p. 229, 2020, doi: 10.31328/jointecs.v5i3.1563.

F. Anugrah and D. Firdaus, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Umroh Berbasis Web (Studi Kasus PT Ameera Mekkah Travel Cabang Tangerang),” Format J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, p. 61, 2021, doi: 10.22441/format.2021.v10.i1.006.

T. Badriyah, I. Restuningtyas, and F. Setyorini, “Sistem Rekomendasi Collaborative Filtering Berbasis User Algoritma Adjusted Cosine Similarity,” Pros. Semin. Nas. Sisfotek, vol. 10, no. 1, pp. 38–45, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i1.11741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index