Keefektifan Pendekatan Genre-Based Terhadap Pemahaman Teks Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari pendekatan genre-based terhadap pemahaman teks bacaan bahasa Inggris pada peserta didik kelas tujuh sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik umumnya pada teks bacaan pada ujian akhir semester genap 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan analisis korelasi. Hipotesis yang diujikan adalah: apakah pendekatan genre-based efektif meningkatkan pemahaman teks Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII. Instrumen pada penelitian ini adalah seperangkat tes soal Ulangan bahasa Inggris pre tes dan post test setara dengan ujian akhir semester genap. Hipotesis ini diuji menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Populasinya adalah 35 siswa.
Kata Kunci: pendekatan genre-based, pemahaman teks bacaan bahasa Inggris, peserta didik kelas VII.
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti. 2008. “Pengembangan Budaya Keaksaraan Tahap Awal: Intervensi Dini”. Jurnal Pendidikan Bahasa. Edu- Lingua. Vol. 1 No. 1, Juni 2008. Hal. 86-87.
Emilia, Emi. (2012). Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk Guru. Bandung: Rizki Pena, Teflin
Hadle, Allice Omaggio. (1993). Teaching Language in Context: Second Edition. Boston, Massachusetts: Heinle & Heinle Publisher
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.664
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Risa Mufliharsi, Siti Nurani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |