DESAIN SEBAGAI ‘DAGANGAN’ SIMBOLIK

Ari Setyo Nugroho(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam dunia desain, desainer harus memperhitungkan tak hanya produksi material namun juga produksi simbolik karya desainnya, yaitu produksi dari nilai karya tersebut yang berkaitan juga dengan unsur-unsur simbolik untuk menandai kelas, status atau simbol sosial tertentu. Mereka inilah the new cultural intermediaries, para perantara kebudayaan baru, para produser dan penjaja „dagangan budaya? karena melalui merekalah batas-batas area kebudayaan yang semula tertutup bisa diakses dan menjadi milik publik.


Kata Kunci : desain, dagangan simbolik.


Full Text:

PDF

References


Appadurai, A.(ed.). 1986. The Social Life of Things : Commodities in Cultural Perspective, Cambridge : Cambridge University Press

Baudrillad, J.1983. Simulations (terj. P. Foss et.al.), New York.: Semiotext(e).

Bourdieu, P.1977. Outline of a Theory of Practice ( terj. R.Nice). Cambridge : Cambridge University Press

Chaney, David. 2003. Lifestyles : Sebuah Pengantar Komprehensif (terj. Nuraeni), Yogyakarta : Jalasutra.

du Gay, P. (Editor). 1997. Production of Culture. Cultures of Production. London: Sage.

John A. Walker. 1989. Design History and The History of Design. London : Pluto Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v5i01.460

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ari Setyo Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.