Pesan Teks dan Pesan Gambar pada Foto National Geographic (Kajian Semiotik)
(1) Univeristas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta (Pascasarjana)
(3) fathiaty_Murtadho@unj.ac.id3
(*) Corresponding Author
Abstract
Faktor utama kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana suatu foto jurnalistik dapat diketahui pesannya baik dilihat dari makna yang sebenarnya (denotatif) dan makna yang tersirat (konotatif). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan foto National Geographic. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui makna gambar dan kesesuaian antara gambar dan teks pada foto jurnalistik. Agar dapat mengetahui makna yang terkandung dalam foto-foto jurnalistik, penulis menggunakan analisis semiotik. Analisis semiotik adalah metode untuk menganalisis dan memberi makna simbol-simbol yang terkandung dalam gambar atau simbol teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto dan teks caption memiliki kesamaan persepsi jika dilianalisis dengan menggunakan analisis semiotik.
Kata Kunci: Teks, gambar, analisis semiotik, dan foto jurnalistik.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Azhar, Fahrul. (2015). Foto Ikonik Masa Perjuangan Reformasi Indonesia Karya Julian Sihombing Kajian Pemaknaan Perjuangan Reformasi Indonesia (Tesis). Universitas Trisakti.
Aziz, Abdul. (2011). Membaca Fotografi Prewedding Dengan Semiotika Sebagai Representasi Budaya Etnik Masyarakat Urban (Tesis). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Barthes, Roland. (2002) Elements of Semiology, (Terj.) St.Sunardi, Semiotika Negativa. Yogyakarta: Kanal.
Barthes, Roland. (2010). Imaji, Musik, Teks, (Terj.) oleh Agutinus Hartono Yogyakarta: Jalasutra.
Barthes, Roland. (1977). Image, Music, Text. London: Fontana Press.
Fedler, Fred, et al. (2005). Reporting For The Media. New York: Oxford.
Goodnow, Trischa (2010) Visual Bias in Time’s “The Great Divide”: A Semiotic Analysis of Clinton and Obama Photographs. American Behavioral Scientist 2010 54: 406 DOI: 10.1177/0002764210381865
Graham, Clarke. (1997). The Photograph. New York: Oxford.
Mamduh, Rifki. (2014). Membaca Foto-Foto Jurnalistik Banjir Dahsyat Jakarta (Studi Analisis Semiotik Foto-Foto Jurnalistik dengan Tema ‘Banjir Dahsyat Jakarta’ dalam Situs Berita Online Tribunnews.com pada Januari 2013) http://repository.unair.ac.id/38687/
Parmenter, Lynne. (2012). Community and Citizenship in Post-Disaster Japan: The Roles of Schools and Students. Volume 11, Number 3, © JSSE 2012 ISSN 1618-5293.
Piliang, Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika SemiotikaiTafsiriCulturalIStudies atas Matinyaimakna. Bandung: Jalasutra.
Saussure, Ferdinand. (1959). Course in General Linguistics. New General Linguistics. New York: The Philosophical Library,inc.
Setiawan, Kurnia. (2003). Semiotika foto jurnalistik: Kajian terhadap foto peristiwa lengsernya Gus Dur di halaman muka harian Kompas dan Republika (Tesis). S2 Fakultas Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Universitas Gajah Mada.
Soelarko, R.M. (1985). Pengantar Foto Jurnalistik, Bandung: PT Karya Nusantara.
Viranda, Lisa, dkk. (2018). Manajemen Produk Media Kompas.Com Untuk Bersaing Di Era Generasi Milenial http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme/article/view/21074.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.3994
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Febriana Friza, Yumna Rasyid, Fathiaty Murtadho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |