Analisis Campur Kode dalam Iklan Daring Lazada Edisi April 2019: Kajian Sosiolinguistik

Siti Wakhidah(1*), Sudaryanto Sudaryanto(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan media massa khususnya pada media iklan daring dan penggunaan campur kode dalam iklan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi: (1) bentuk campur kode yang digunakan di dalam iklan daring Lazada edisi April 2019 dan (2) fungsi kebahasaan campur kode di dalam iklan daring Lazada edisi April 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah iklan daring Lazada edisi April 2019. Objek penelitian ini adalah campur kode yang terdapat dalam deskripsi produk iklan daring Lazada edisi April 2019. Penelitian ini menggunakan metode observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Bentuk campur kode ada enam, yaitu kata, kelompok kata, baster, kata ulang, idiom, dan klausa. Bentuk campur kode yang banyak ditemukan adalah campur kode berbentuk kata sebanyak 245 data. (2) Fungsi kebahasaan campur kode ada tiga yang ditemukan dalam penelitian, yaitu untuk menyampaikan informasi, untuk menghormati mitra tutur, dan untuk memperjelas tuturan. Fungsi kebahasaan campur kode yang paling banyak ditemukan adalah fungsi untuk menyampaikan informasi sebanyak 547 data.

 

Kata Kunci: campur kode, bentuk, fungsi, teks iklan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kristianti, N. (2014). Campur kode pada iklan dalam surat kabar Kompas edisi Desember 2012. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Kusumaningrum, D. I. (2014). Penggunaan campur kode pada wacana iklan plesetan di Google edisi Maret 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2012). Penelitian dan penilaian pendidikan. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Sulistiani, D. P. (2015). Campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014: Kajian sosiolinguistik. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Wijana, D. P., & Rohmadi, M. (2013). Sosiolinguistik: Kajian teori dan analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3852

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Wakhidah, Sudaryanto Sudaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.