Peran Perempuan dalam Pemberitaan Vanessa Angel pada Portal Berita Daring Detik.Com

Erna Megawati(1*)

(1) UNIVERSITY OF INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan internet of things turut memengaruhi media massa di tanah air. Detik.com merupakan salah satu portal berita daring yang banyak dikunjungi oleh para penelusur berita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana posisi subyek obyek dan posisi penulis-pembaca dalam berita Vanessa Angel yang dimuat dalam portal berita daring Detik.com berdasarkan analisis wacana kritis Sara Mills. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Wacana Kritis oleh Sara Mills. Sumber data diambil dari empat berita mengenai Vanessa Angel yang dipublikasikan oleh Detik.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedudukan perempuan masih ditempatkan sebagai sosok stereotip perempuan yang lemah serta menjadi komoditas bagi media massa. Perempuan juga dianggap sosok yang hanya pantas menempati wilayah domestik.

 

Kata Kunci: Media, Analisis Wacana Kritis, Perempuan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alimi, M. Y. (2004). Dekonstruksi seksualitas poskolonial: Dari wacana bangsa hingga wacana agama. PT LKiS Pelangi Aksara.

Arifin, P. (2013). Persaingan tujuh portal berita online Indonesia berdasarkan analisis uses and gratifications. Retrieved from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/viewFile/353/401

De Beaugrande, R., & Dressler, W. U. (2019). Introduction to Text Linguistics. Introduction to Text Linguistics. https://doi.org/10.4324/9781315835839

Eckert, P., & McConnel-Ginet, S. (2003). Language and Gender. Cambridge University Press.

Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks media. LKiS Yogyakarta.

Faqih, M. (1999). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firdauzy, R. A. (2012). Penerimaan pembaca perempuan terhadap peranan gender laki-laki dalam kolom hot papa pada rubrik Jawa Pos For Her. Retrieved from ttp://repository.unair.ac.id website: http://repository.unair.ac.id/15309/8/15309.compressed.pdf

Hall, S. (1991). Culture, media, language: working papers in cultural studies, 1972-79 (cultural studies Birmingham). Retrieved from http://book4you.org/book/1002249/05cb9c

Halliday, M. A. K. (2004). On Language and Linguistics. Continuum.

Hamad, I. (2007). Lebih dekat dengan analisis wacana. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 325–344.

Jorgensen, M., & Phillips, L. J. (2002). Discourse Analysis as Theory and Method. Sage Publications.

Margianto, J. H., & Syaefullah, A. (2012). Media online: Pembaca, laba, dan etika. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen Indonesia. Retrieved from http://referensi.elsam.or.id/wp-content/uploads/2015/04/Media_Online.pdf

Megawati, E. (2016). Tindak tutur ilokusi pada interaksi jual beli di Pasar Induk Kramat Jati. DEIKSIS, 8(02), 157–171. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/download/723/640

Mills, S. (2004). Discourse. Routledge:Taylor and Fancis Group.

Nurjam’an, M. M. I., Rasyid, Y., & Anwar, M. (2018). Existence of moral character in the play jenar babad tanah pengging (used review of content analysis). BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 55–65. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/download/5776/4271

Perwitasari, M. E., & Hendariningrum, R. (2014). Analisis wacana kritis feodalisme dan diskriminasi perempuan Jawa dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(3). Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/25/26

Pratiwi, W. A. (2012). Diskriminasi perempuan dalam berita harian Surya: Kajian Wacana Kritis. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/skriptoriumf7bee0803cfull.pdf

Rachmawati, A. A. (2014). Wacana peran perempuan dalam kolom story rubrik for her surat kabar Jawa Pos. Universitas Airlangga. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/commf38cbbf6a5full.pdf

Simanjuntak, J. H. R., & Sari, D. K. (2014). Cokelat dan perempuan (Analisis wacana kritis Sara Mills pada iklan televisi Tim-Tam dan Tango Crunch Cake). Cakrawala, 3(1). Retrieved from http://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/download/67/62

Siregar, A., Pasaribu, R., & Prihastuti, I. (1999). Media dan gender: Perspektif gender atas industri surat kabar Indonesia. Diterbitkan Atas Kerjasama Lembaga Penelitian Pendid Erbitan.

Wilson, S., Leong, P., Nge, C., & Hong, N. M. (2011). Trust and credibility of urban youth on online news media. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 27(2). Retrieved from http://ejournal.ukm.my/mjc/article/download/15090/4696




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3780

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erna Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.