Model Joyful Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII
(1) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
(3) Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan dari literasi dasar. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Menulis penting untuk mengasah kempauan otak kita. Selain itu, menulis juga bagian dari komunikasi nonverbal. Model joyful learning dapat meningkatkan keterampilan menulis. Dengan model joyful learning pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif dan bersemangat sehingga keterampilan siswa meningkat. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penerapan model joyful learning dengan permainan membantu siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis naskah dramanya. Terlihat dari mulai prasiklus hingga siklus II nilai rerata siswa meningkat dan memberikan 100% kelulusan kepada seluruh siswa. Model joyful learning dengan permainan secara berkelompok juga meningkatkan sikap positif siswa. Dengan demikian model joyful learning dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren dapat dikatakan berhasil dengan hasil penelitian nilai rerata pada prasiklus 19,17, pada siklus I 70,76, dan pada siklus II 82,00. Kemudian tingkat kelulusan saat prasiklus 10%, saat siklus I 50%, dan saat siklus II 100%.
Kata Kunci: keterapilan, menulis, joyful learning
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggoro, S. (2014). Pendekatan joyful learning pada proses pembelajaran di sekolah dasar (Kajian teoritis dan neurosains). Retrieved November 30, 2018, from https://www.researchgate.net
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyono, H. (2012). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis dan Teori Pemerolehan Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 1–13.
Dalman. (2014). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali.
Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.3012
Emzir, & Rohman, S. (2016). Teori dan pengajaran sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fatoni, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Joyfull Learning Melalui Media Puzzle Bermuatan Konservasi Alam Pada Siswa Kelas VII 4 SMP 1 Pegandon Kendal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 56–63.
Isnaini, I. (2016). Peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan strategi buku bergambar minim kata siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1, 5(10), 1–12. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id
Kurniawan, A. (2018). Teori & praktek penelitian tindakan kelas. Cirebon: Eduvision.
Kurniawan, H. (2012). Penelitian keratif sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran menulis kreatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Manshur, R., Suwandi, S., & Suyitno, S. (2018). Implementasi kurikulum 2013 revisi 2016 pada pembelajaran menulis teks anekdot. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 22–35. Retrieved from https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.1982
Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113–128. Retrieved from https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970
Munayasari, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII F SMPN 1 Limbangan Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id website: http://eprints.walisongo.ac.id
Nazir, M. (2017). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nuryanto, T. (2017). Apresiasi drama. Depok: Rajawali Pers.
Pujiono, S. (2008). Desain penelitian tindakan kelas dan teknik pemngembangan kajian pustaka.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosda.
Sumadayo, S. (2013). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wangid, M. N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis menggunakan pendekatan proses dengan media gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1–13. https://doi.org/http://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3762
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Febri Nugroho, Indrya Mulyaningsih, Emah Khuzaemah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |