Karakteristik Bahasa Dalam Konten @Nanakoot

Yulia Nur Hasanah(1*), Fathia Indah Zahra El Islami(2), Astri Juliarahma Pangesti(3)

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakteristik bahasa adalah ciri atau tanda suatu bahasa sebagai pembeda, sehingga menciptakan keunikan dalam ujaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik bahasa yang terkandung dalam ujaran pada konten vlog makanan di TikTok melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengkaji bahasa yang bersumber dari konten video bertema kuliner pada akun Tiktok dengan nama pengguna @nanakoot. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Sumber data berupa video diamati kemudian ditranskripsi dengan mencatat seluruh ujaran. Data transkripsi direduksi sehingga hanya terkumpul data yang terfokus pada pemecahan masalah. Dalam menganalisis data, peneliti mengelompokkannya ke dalam jenis variasi bahasa serta faktor pengaruh penggunaan bahasa. Hasil penyelidikan ini menunjukkan bahwa terdapat enam ciri karakter bahasa yang dipengaruhi oleh latar belakang serta konteks sosial penuturan. Adapun keenam karakteristik bahasa dalam ujaran pada konten vlog makanan milik @nanakoot meliputi penggunaan ragam bahasa daerah, ragam bahasa asing, ragam sosial, ragam akrab, campur kode, serta pengucapan dialek Jawa.


Keywords


Karakteristik bahasa; Konten; Vlog makanan; TikTok

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abid, S. 2021. Karakteristik Bahasa Teks SMS Kolom “Lapor Cik” Harian Rakyat Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2). 427-442.

Chaer, A. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. dan Agustina, L. 2004.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasiholan, TP., dkk. 2020. Pemanfaataan Media Sosial TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Coomuniverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). 70-80.

Hutahean, S. 2004. Analisis Bahasa Iklan pada Majalah Kartini. Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1). 21-35.

Irawan, dkk. 2020. Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2). 201-213.

Junieles, R. dan Arindita, SF. 2020. Karakteristik dan Fungsi Bahasa Iklan Bisnis Layanan Aplikasi Chatting di YouTube. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 28-37.

Kalinin, CB. 2019. Implementasi Content Marketing Framework Oleh Hi Jack Sandals dalam Mengkomunikasikan Brand Essence. S1 Thesis, UAJY.

Kridalaksana, H. 1993. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: Grmaedia Pustaka Utama.

Kurniawati dan Herdiana. 2021. Karakteristik Bahasa Komunitas Jual Beli Online di Media Sosial Instagram. Jurnal Diksatrasia, 5(1). 130-145.

Kusumawati, DP., dkk. 2023. Perbandingan Karakteristik Bahasa Iklan pada Situs Belanja Online Shopee dan Tokopedia. Jurnal Membaca: Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1). 19-26.

Milenika, D. 2021. Penerapan Ekonomisasi Religiusitas dan Managerial dalam Content Aishwa Nahla Channel Sebagai Salah Satu Sumber Penghasilan Ditinjau Dari Etika dan Bisnis Islam (Studi Kasus Youtuber Kota Palembang). S1 Thesis, UIN Raden Falah Palembang.

Mulyani, S. dan Suhendarti, N. 2021. Karakteristik Laras Iklan pada Akun Online Shop di Platform Media Sosial Instagram. Jurnal Literasi, 5(2). 310-316.

Oktavia, W. dan Hayati, N. 2020. Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah pada Masa Pandemi Covid 19 (Corona Virus Disease 2019). Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1). 1-15.

Prayudi, S. dan Nasution, W. 2020. Ragam Bahasa dalam Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Metamorfosa, 6(2). 269-280.

Respati, W. 2014. Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Jurnal Humaniora, 5(1). 39-51.

Sari, dkk. 2021. Karakteristik Bahasa Jurnalistik dalam Berita Utama Surat Kabar Suara Merdeka Tahun 2021. Jurnal Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 173-179.

Waridah. 2015. Penggunaan Bahasa dan Variasi Bahasa dalam Berbahasa dan Berbudaya. Jurnal Semiotika, 1(1). 84-92.

Warsiman. 2014. Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Widjono, Hs. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Wirduna, dkk. 2020. Karakteristik Bahasa Pedagang Kaki Lima Pasar Pagi Kota Sabang. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 10(2). 71-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.18742

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yulia Nur Hasanah, Fathia Indah Zahra El Islami, Astri Juliarahma Pangesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.