Konjungsi Subordinatif dalam Tulisan Teks Ceramah Siswa SMK

Syafrudin Daffa Maulana(1*), Dini Restiyanti Pratiwi(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Konjungsi subordinatif merupakan penghubung dua klausa atau lebih dan tidak memiliki status sintaksis yang sama. Penggunaan konjungsi yang tidak tepat dapat menjadi kendala bagi pembaca teks dalam memahami makna dan isi yang disampaikan. Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo ini bertujuan mendeskripsikan wujud konjungsi subordinatif pada teks ceramah karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo dan menganalisis ketidaktepatan penggunaan konjungsi subordinatif dalam tulisan teks ceramah karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, Sumber data dari teks ceramah karya siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo dan data berupa kata dan klausa yang berupa konjungsi subordinatif dalam tulisan teks ceramah. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan hasil dokumentasi dibaca dan catat data yang akan dianalisis. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan metode agih dan menggunakan teknik lanjutan bagi unsur langsung. Hasil penelitian ini menemukan sebanyak 10 jenis konjungsi subordinatif yang terdapat pada 25 pekerjaan siswa  yang meliputi (a) akibat (b) batas akhir (c) alat (d) tujuan (e) sebab (f) hasil (g) syarat (h) pengandaian (i) penyuguhan (j) perbandingan. Siswa yang tepat dalam menulis teks ceramah bisa dikatakan mereka sudah paham dalam menyusun dan merangkai kata dalam penulisan.


Keywords


Konjungsi Subordinatif; Teks Ceramah; Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. N. Putri, “Penggunaan Konjungsi Subordinatif Kuasal dan Temporal dalam Teks Berita,” Jurnal Basindo Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2019.

Ardion P. W, Nurlaksana Eko, Sumarti. (2020). Penggunaan Bahasa Pada Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 1 Banjar Margo TA 2017/2018. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Baiti, N., Siagian, I., & Harif, A. (2020). Analisis Penggunaan Konjungsi Dalam Kumpulan Artikel Pada Rubrik Politik Hukum Koran Kompas. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 24–27. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2993

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Rineka Cipta.

Deborah Mirembe, D., & Isingoma, B. (2022). The Use of Conjunctions Among L1 Luganda Speakers of English. Studies in Linguistics, Culture, and FLT, 10(1), 7–24. https://doi.org/10.46687/dlfb1456

Fageeh, A. I. (2014). The use of journal writing and reading comprehension texts during prewriting in developing EFL students’ academic writing. Studies in Literature and Language. 9(3), 1-18.

Fau, H. S., Laia, A., & Ndruru, K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education and Development, 9(2), 626–630. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2958

Finoza, L. (2013). Komposisi bahasa Indonesia untuk mahasiswa nonjurusan bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Ida Ayu Mirah Purwiati. (2015). Konjungsi Subordinatif Dalam Teks Buku Pelajaran. SLTA : Analisis Bentuk, Distribusi, Dan Makna. Jurnal Aksara, 27(2), 135.

Jufri, A. R. F. (2017). Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Rubrik Nasional Surat Kabar Harian Fajar Edisi Desember 2017. Semitra II, 1–6. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SEMITRA17/SEMITRA2017/paper/view/2056

Kosasih, Engkos. (2017). Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Kurniyati Diah Dwi. (2012). Analisis Kesalahan Kohesi Dan Koherensi Paragraf Pada Karangan Siswa Kelas X SMA Negeri 3. FBS; Yogyakarta.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2017.

Listiyana, V., Arsanti, M., & Puspita, W. (2021). Kesalahan Struktur Kalimat Pada Teks Ceramah Siswa Kelas XI Sma N 6 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Konstelasi Ilmiah…,1126–1135. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8243%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/download/8243/3798

Mangatur Sinaga, Nur Mustafa, Charlina, Anak, M. (2015). Ketepatan Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dalam Media Cetak. Jurnal Bahas, 10(2), 165–175.

Martínez, A. C. L. (2015). Use of Conjunctions in the Compositions of Secondary Education Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 212, 42–46. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.296

Moilanen, M., & Østbye, S. (2021). Doublespeak? Sustainability in the arctic—a text mining analysis of Norwegian parliamentary speeches. Sustainability (Switzerland), 13(16). https://doi.org/10.3390/su13169397

Putri, A. N. (2019). Penggunaan Konjungsi Subordinatif Kausal Dan Temporal Dalam Teks Berita. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(2), 136–148.

Rahmania Novi, A. (2018). Penguasaan Kohesi dan Koherensi dalam Tulisan NARASI Siswa SMK di Surabaya. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1). 41-15.

Resgita, Betta, Z. (2022). Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 106. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1633

Saadah, U., Wuryaningrum, R., & Husniah, F. (n.d.). Kesalahan Penggunaan Konjungsi dalam Surat Kuasa Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Jember.

Sandra, L. K., & Pratiwi, D. R. (2021). Variasi Penggunaan Konjungsi Subordinatif Pada Rubrik Sosok Harian Kompas. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(2), 90–99. https://doi.org/10.26555/jg.v3i2.4819

Sari, dkk. (2017). Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 317-330.

Sari, L. K., Siddik, M., & Mulawarman, widyatme gede. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165-171.

Wilyana, Shinta M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence. ????, 8(5), 55.

Tarmini, W. (2014). Konjungsi Pada Teks Anekdot dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1 (1). (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/7476) ,diakses 14 Maret 2018

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v16i1.17447

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syafrudin Daffa Maulana, Dini Restiyanti Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.