Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Muhamad Yasir(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dan mengetahui pengaruh Media Pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, serta untuk mengetahui pengaruh Metode dan  Media Pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasi terjangkau adalah siswa SMP Swasta kota Bekasi. Besar sample sebanyak 80 siswa, dengan teknik random sampling yang dibagi ke dalam empat kelas penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa Indonesia berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah di uji validitasnya dengan koefisien realibilitas = 0,05 analisis data menggunakan analysis of varians (ANAVA) dua arah; perlakuan menggunakan metode Inkuiri dan Media Audio Visual. Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia hal tersebut dibuktikan dengan Fh 29.644  dan sig. sebesar 0,000 < 0,05,2) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia Hal tersebut dibuktikan dengan Fh 53.89 dan sig. 0,000 < 0,05,3). Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode dan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia hal tersebut dibuktikan dengan Fh  5.705 dan sig. 0,019 < 0,05.
 
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2012). Model-Model Pembelajaran Berbasis Paikem. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo

Dimyati, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, S. (2011). Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Smart Prima Ufuk Semesta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1516

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhamad Yasir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.