Analisis Makna Kontekstual dari Kolom Kartun Peanuts Pada Harian The Jakarta Post

Friza Youlinda Parwis(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca merupakan proses berpikir. Proses di mana pembaca harus terdahulu memikirkan arti kata perkata serta preposisi yang ada. Untuk dapat memahami bacaan pembaca (reader) dituntut untuk berpikir secara sistematik, logis, dan kreatif. Oleh karena itu, pembaca harus memiliki perbendaharaan kosakata yang baik agar dapat memahami maksud dari peneliti melalui bacaan yang ia baca. Penelitian ini pula bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang tersembunyi dibalik data-data berupa gambar kartun PEANUTS dari harian The Jakarta Post yang berisikan dialog singkat. Salah satu aspek penting dalam “membaca” adalah “comprehension” atau pemahaman. Dalam penelitian ini, peneliti menguraikan pokok bahasan utamanya tentang pemahaman membaca terutama dalam memahami bacaan dalam bahasa asing (Inggris). Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu: dengan langkah-langkah penelitian yang berusaha menjelaskan secara semantik dan pragmatik dari makna yang terkandung di dalam sebuah konteks dialog singkat yang dihubungkan dengan situasi masyarakat umumnya, dan pembaca usia pelajar pada khususnya.  Dalam proses membaca kartun PEANUTS, untuk dapat memahami bacaan yang berupa teks bahasa Inggris, pembaca harus memahami phrase, idiom, dan structure bahasa Inggris. Dengan membaca kolom kartun PEANUTS dari harian The Jakarta Post dan  menganalisis makna konteksnya, maka pembaca akan memiliki kemampuan lain dalam mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang lain pula.    

Kata kunci : analisis makna kontekstual, kartun


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dechant, E. (2013). Understanding & Teaching Reading An Interactive Modal. Transferred to digital printing 2009 by Routh Ledge 270 Madison.

Hall, E.T. (2005). The Hidden Dimension and The Silent Language. Publish by Holdingnish.

Hammond. (2002). “Language Accompanying Action”. Publish by Ester.

Firth, J.R. (2005). “The Technicque Of Semantics. In Transection Of The Philological Society.” Publish by Regina Wong.

Katz, J.J. (2008). Semantic Theory. Publish by Harper & Row, 1972. Digital printing in February 21, 2008.

Leech, A. (2004).”Things That Are” milkweed Editions July 2004. Article “Sail on, My Little Honey Bee. A public Space, issue 7.

Leeds, B. (2008). “In Jurnal Of Pragmatic” 40 (10)

Halliday, M.A.K. & Hasan, R. (2005) .Review by: Stephan A. Bernhardt “Style” vol. 14. No. 1

______________________ (2005). Language, Contex, and Text: Aspect Of Language in a Social- Semantic Persepctive. Oxford University Press.

Morrisa, C. (2006). Sign and Symbol. Publish by Juliana Smith.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2005) Handbook Of Qualitative Research.

Eisner, W.E. (2013). Devision Award Comic. Books National Cartoonist Society 2013 Archieved from the original on December 26, 2013, Retrieved December 16, 2013.

Yule, G. (2014). Pragmatic. Penerjemah: Indah Fajar Wahyuni. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1384

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Friza Youlinda Parwis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.