Pengembangan Bahasa Indonesia tentang Kesadaran Fonemik (Phonemic Awareness) pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun

Sumarti Sumarti(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini (4-5 tahun) dari segi wujud dan isi yang dapat menstimulasi keterampilan berbahasa anak di Kelompok A PAUD BANA Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari kualitatif dan kuantitatif yaitu penelitian dan pengembangan Jolly dan Bolitho. Langkah yang dilakukan adalah: 1) penelitian awal yang berupa wawancara tentang kebutuhan materi ajar dan studi literatur tentang materi yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, 2) perencanaan pengembangan model, 3) validasi, revisi dan evaluasi model dan 4) implementasi model. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) kebutuhan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai adalah tentang  kesadaran fonemik yang diwujudkan dalam Alat Permainan Edukatif (APE) yang terintegrasi dengan data bahasa yaitu bunyi, huruf, kata dan kalimat untuk anak dan cara penggunaannya dipandu oleh guru, 2) materi pengembangan yang ada saat ini belum memenuhi kebutuhan anak dari segi wujud dan isi, masih bisa dikembangkan karena ada salah satu wujud materi yang sesuai yaitu huruf raba, 3) pengembangan materi berupa APE dan buku panduan guru, 4) dari uji pakar dan teman sejawat didapatkan masukan tentang bentuk APE berupa buku dan kartu dan dari pakar bahasa Indonesia didapatkan materi bunyi bahasa Indonesia yang terdapat di poster disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia baku, 5) dari persepsi pengguna menyatakan materi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini dan 6) materi dianggap efektif karena hasil rata-rata pengguna 2,53 dari rentang nilai 4. 
 
Kata kunci: materi pengembangan bahasa, kesadaran fonemik, anak usia dini, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Sudono, A. (2009). Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Grasindo.

_________ (2000). Sumber Belajar dan Alat permainan PAUD Jakarta: Grasindo.

Douglas, B.H. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach toLanguage Pedagogoy. New York: Longman.

______ (2008).Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.(Terj.Noor CholisdanYusi A.R). Jakarta: KedutaanBesar AS di AmerikaSerikat.

Dukes, C. dan Smith, M. (2010). Cara MengembangkanKeterampilanB erbahasadanBerkomunikasipada AnakPrasekolah.(Terjemahan) Jakarta:Indeks.

Heinstock, E. (2002). Hermes; Montessori untuk Prasekolah. (Terjemahan). Jakarta: Delapratasa.

Jensen, E. (2003). Otak Sejuta Gigabyte. (Terjemahan Esti A Budhi Habsari). Bandung: Mizan

Gall, M.D., Gall, J., dan Borg, W. R.(2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson: Education, Inc.

Winch, G. (2006). Literacy Third Edition, Australia: Oxford.

Keraf,G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: GramediaWidiasarana

Feldman, J.R. (2005). A Survival Guide for The Preschool Teacher. New York: The Center for Applied Reseach in Education.

Jaszczolt, K.M. (2004). Semantic and Pargamatics. Longman: British.

McGrath, l. (2002). Materials Evaluation and Design for Language TeachingEdinburg. Edinburg: University Press

Pitamic, M. (2004). Teach Me Do It Myself: Montessori Activities for You and Your Child, Liverlpool-UK: Barron’s.

Depdiknas. (2004). Makalah Ditjen PAUD. USA: Sekolah Al-Falah Jakarta, dan CCCRT Talahasse.

Montessori, M. (2002). Absorbend Mind. England:Celio PresS.

____________(2006). Language Develoment DMT 106. Indonesia: Montessori.

____________(2002). The Absorbent Mind. London: Celio Press.

Jamaris, M. (2005). Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, PPS UNJ.

RenckJalongo, M. (2007). Early Chilhood Language Art. Amerika: Pearson.

Gall, M.D., Gall, J., dan Borg, W.R. (2003) Educational Research An Introduction. Boston: Pearson: Education, Inc.

Dhieni, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakart: Universitas Terbuka.

Pamela dkk. (2004). Pendidikan berpusat pada Anak, (Terjemahan). Jakarta.

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Putrayasa, I.B. (2006). Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: Refika Aditama.

Richards, J.C. dan Willy, A.R. (2003). Methodology in Language Teaching. Cambridge: CambridgeUniversity Press.

Franzese, R. (2002). Reading and Writing in Kindergarten. New York.

Samsuri. (1987). Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Santrock. (2007). PsikologiPendidikan. (Tri Wibowo BS, Terjemahan). Jakarta: 2007

Djiwandono, S.E.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sumarti. (2008). Modul Pelatihan Tingkat Dasar CBIFonik. Jakarta: Pustakahati Educenter.

Feez,S. (2010). Montessori and Early Childhood. Singapore: Sage Publication.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2006).Tertulis pada lembaran negara Rl UU no 20 Tahun 2006 Dasar Pengembangan anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Tomlinson, B. (ed.). (2002). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

______(2007). Developing Materials for Language Teaching.London: YHT.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1253

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumarti Sumarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.