Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok

Vina Rahmayanti(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini di antaranya untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dan prestasi belajar bahasa Indonesia, mengetahui hubungan antara upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia, dan mengetahui hubungan minat belajar siswa dan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Sampel berjumlah 78 siswa yamg dipilih dengan teknik gabungan antara acak dan proporsional. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakn kuesioner, yaitu denagan skala Likert dan menggunakan teks dalam soal pilihan ganda. Siswa diminta memilih pernyataan yang sesuai dengan yang mereka alami dengan memilih SS untuk sangat setuju, S untuk setuju, R untuk ragu-ragu, TS untuk tidak setuju, dan STS untuk sangat tidak setuju. Soal untuk kuesioner minat belajar berjumlah 30 soal dan soal untuk motivasi belajar berjumlah 15 soal. Setelah dianalisis maka dihasilkan bahwa semakin baik persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa diikuti oleh semakin baiknya prestasi belajar bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini dilakukan dengan sampel siswa kelas XI sekolah menengah pertama swasta di Depok, yaitu SMP Gelora Depok.

Keywords


Minat; Motivasi; Prestasi Belajar;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arthur. (1963). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusaka Kemajuan Studi.

Barbirin, Raminah. (1990). Psikologi Belajar. Bandung: Tarsito.

Dececco dan Crawford. (2004). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne dan Berliner. (1984). Strategi Belajar. Jakarta: Wijaya.

Garet. (1965). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kasim, Anwar. (2005). Bimbingan Konseling Belajar. Jakarta: Universitas Jakarta.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasution. (1981). Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional.

Singarimbun, Masri & Efendi, Sofian (ed). (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2003). Belajar dan Fakta yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2004) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thorndike dan Elizabeth. (1997). Bimbingan dan Konseling Individu. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter