Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika

Ai Solihah(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Bina Taqwa Depok yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini, dua variabel tersebut adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan hasil belajar matematika siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data di antaranya: pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji fisher. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD).

Keywords


Model Pembelajaran; Teams Games Tournament; Hasil Belajar Matematika;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyah, Nyimas. (2002). Mengembangkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif. Forum Kependidikan, Vol. 20, No.1, 57.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip-Teknik-Prosedur. Bumi Siliwangi: PT Remaja Rosdakarya.

Baswedan, Anies. (2015). Tersedia: http://m.antaranews.com/berita/496321/mendikbud-rata-rata-nilai-ujian-nasional-naik-03-poin.

Budairi, Ahmad. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Student Team-Achievement Divisions.Tersedia:http://www.budairi.com/2012/11/pendidikan-kelebihan-dan-kekurangan.html#axzz2VcpXIF4H.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekocin. (2011). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments. Tersedia: http://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudojo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jannah, Raodatul. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Yogyakarta: Diva Press.

Kemendiknas. (2012). UU Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusindo Mandiri.

Kurniasih, Imas. (2012). Bukan Guru Biasa. Jakarta: Arta Pustaka.

Kumandari, Erna. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT. Tersedia:http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2011/05/11.009-Penerapan-Pembelajaran-Kooperatif TGT.pdf.

Leonard. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Faktor Exacta,Vol. 2, No.1, 83-97.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ningtiyas, Pitriya dan Heri Siswaya. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul dan LKS Ditinjau dari Aktivitas Siswa. Tersedia:http://ejournal.umm.ac.id, Vol. 3, No.1: 56.

Rahmayanti, Citra. (2007). Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Metode Latihan secara Berkelompok di SMPN 150 Jakarta Timur. Jakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta.

Sari, Erma Andhika. Penerapan Model TGT sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X-B SMA Ma’arif Pandaan-Pasuruan. Tersedia:http://jurnal.pasca.uns.ac.id, Vol. 12, No.2: 826. 24.

Sharan, Shlomo. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suhendri, Huri. (2010). Pengaruh Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Exacta Jurnal Ilmiah Pendidikan & Teknologi, Vol. 3, No.4, 361-363.

Suriasumantri, Jujun. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter