Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Penggunaan E-Commerce

Dwi Rorin Mauludin Insana(1*), Ria Susanti Johan(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Berbelanja melalui e-commerce telah memudahkan para pembeli yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi berbelanja barang yang dicari atau dibutuhkan dan pastinya menghemat waktu dan tenaga serta lebih mudah, praktis, mudah dicari, informasi yang diberikan lebih detail serta biasanya harga yang ditawarkan lebih terjangkau bahkan lebih murah dibandingkan dari harga di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang pengaruh e-commerce terhadap kepuasan konsumen pada usaha kecil menengah. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian angket kepada 45 responden. Data diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetaui hubungan antara variabel X dan Y dengan bantuan software SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan antara variabel e-commerce dengan kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan angka korelasi antara e-commerce dengan kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,568 yang berarti memiliki hubungan yang positif, sedangkan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,50 dan ttabel sebesar 1,681, ini berarti bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e-commerce dengan kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa penggunaan e-commerce yang baik dan professional dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

 

 


Keywords


e-commerce, kepuasan konsumen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aritonang, L. R. (2005). Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPPS. Jakarta. Gramedia.

Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis Kualitas Layanan E-commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2,(No.1, Februari 2016), hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1784

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Chandra, Ahmad dan Dadang, H. (2013). E-bussiness and E-commerce. Yogyakarta. Andi.

Diana, A. dan F. T. (2007). E-Business. Yogyakarta. Andi.

Fasanghari, M., and F. H. R. (2008). The fuzzy evaluation of e-commerce customer satisfaction. World Applied Sciences Journal, 4(2), 164–168.

Hasan, A. (2008). Marketing Edisi Baru. Yogyakarta. Media Pressindo.

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta. Mediakita.

Insana, D. R. M., Hapsari, A., & Mayndarto, E. C. (2019). Increasing Entrepreneurial Creativity Through the Introduction of Information Technology Utilization. The 1st Workshop on Multimedia Education, Learning, Assessment and Its Implementation in Game and Gamification in Conjunction with COMDEV 2018, Medan Indonesia, 26th January 2019, WOMELA-GG. https://doi.org/10.4108/eai.26-1-2019.2283330

Insana, D. R. M., & Hapsari, A. T. (2019). Peningkatan Efektivitas Berwirausaha Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), ISBN: 978-623-90151-7-6 DOI: 10.30998/Simponi.V0i0.456, 7 November 2019, 1053–1059. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.456

Irawan, H. (2008). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggang. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.

Karmawan, I. G. M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Proses Bisnis E-commerce pada Perusahaan Amazon.Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 748. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2237

Kassim, N., & Asiah Abdullah, nor. (2010). The effect of perceived service quality dimensions on customer satisfaction, trust, and loyalty in e-commerce settings: A cross-cultural analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 22(3), 351–371. https://doi.org/10.1108/13555851011062269

Komputer, W. (2002). Apa dan Bagaimana E-commerce (2nd ed.). Yogyakarta. Andi.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Terjemahan (Edisi Kese). Jakarta. PT. Indeks.

Laudon, K. . dkk. (2007). Sistem Informasi Manajemen (Edisi 10 B). Jakarta. Salemba Empat.

Lestari, F. A. P. (2018). Pengaruh Web E-commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sosio E-Kons, Vol. 10,(No.1, 2018), hal.87-95, e-ISSN: 2502-5449 ; p-ISSN: 2085-2266. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2411

Maya, S. (2016). Strategi Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menegah Melalui E- Commerce Studi Kasus : Mitra UKM Perusahaan X. JABE; Journal of Applied Business and Economics, Vol.2,(No.3, Maret 2016), 271–279.

Nisar, T. M., & Prabhakar, G. (2017). What factors determine e-satisfaction and consumer spending in e-commerce retailing? Journal of Retailing and Consumer Services, 39, 135–144. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.07.010

Norhermaya, Y. A. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Kasus Online Store Lazada.Co.Id). Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Dipenogoro Semarang.

Sarah, N. (2015). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Barang Melalui Media Online (Studi Kasus Pembelian Brang Melalui Akun Twitter @ShoutCap. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.

Setyaningsih, O. (2014). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan E-commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Dan Loyalitas Pada Produk Fashion. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(2), 67–80.

Sidharta, I., & Boy Suzanto. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, Vol.9,(No.1, Juni 2015), 23–36, ISSN 2442-4943. http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/download/124/148

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2015b). Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, G. (2016). Service Quality and Satisfaction (4th ed.). Yogyakarta. Andi.

Varmaat, S. C. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental (3rd ed.). Jakarta. Salemba Infotek.

Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualiatas Pelayanan E-commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII Pengguna Shopee. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Wong, J. (2010). Internet Marketing For Begginers. Jakarta. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.6451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Rorin Mauludin Insana, Ria Susanti Johan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.