Strategi Pengembangan Wisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Rahmat International Wildlife Museum & Gallery di Kota Medan

Suhartapa Suhartapa(1*), Rebecca Ivana Novita(2)

(1) Sekolah Tinggi Pariwista Ambarrukmo Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah satu-satunya museum dan galeri di kota Medan yang memiliki koleksi kurang lebih 2000 jenis satwa liar yang berasal dari berbagai negara. Obyek wisata ini juga sebagai sarana edukasi dan hiburan. Sarana edukasi terutama pengenalan keanekaragaman satwa di dunia hasil perburuan konsentrasi internasional merupakan obyek wisata buatan yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pengembangan museum Rahmat Gallery guna menarik jumlah wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Adapun alat analisa yang digunakan adalah analisis SWOT yaitu metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang dan hambatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam usaha meningkatkan kunjungan wisatawan diperlukan strategi peningkatan pelayanan baik dari segi sumbersaya manusia dan fasilitas serta memaksimalkan kegiatan promosi.

Keywords


Strategy, Tourism Development, Tourist Visits

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainul, R., & Aulia, D. (2024). Analisis Perbandingan Antara Objek Wisata Pantai Kwanyar dan Pantai Lobuk dalam Menunjang Kesejahteraan Masyarakat dan Pengelolaan Objek Wisata di Desa Bumianyar Kecamatan Tanjungbumi dalam Perspektif Ekonomi Pembangunan. Jurnal Sosio e-Kons, 16 (2).

A.J, Mulyadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Agnes Alvionita, e.d. (2020).Analisis Strategi Pengembangan Waduk Kubangkung sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Cilacap. Journal Kepariwisataan Vol.14 (2020)

Anggreani. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi SWOT: Strategi Pengembangan SDM, Strategi Bisnis, dan Strategi MSDM (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen System Informasi, 2(5): 619-629.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Choirunnisa.I., Karmilah M. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Merpati, Desa Selumbung. Jurnal Kajian Ruang. Vol.1 No. 2

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Damiasih & Kusdarwati.(2016).Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sentra Industri Batik di Kulon Progo Yogyakarta.Jurnal Kepariwisataan Vol.10 (2016).

Edi Satria (2018). Analisa Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjunham Wisatawan di Kabupaten Kerinci. Journal Eksis : journal ilmiah ekonomi dan bisnis.

Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta

Harisandi, Y., & Anshory, M. I. (2019). Desa Wisata Edukasi Menuju Wisata Rakyat Berkelanjutan di Kabupaten Situbondo (Wisata Edukasi Hidroponik Olean). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian,

(2). https://doi.org/10.36841/integritas. v3i2.370

Hatmoko, M.E. (2024). Peran Pariwisata Terhadap PDRB dan Dampaknya Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Propinsi Bali, Jurnal Sosio e-Kons, 16 (2). 135-146

Isdarmanto, I. 2016. Studi Kelayakan Aspek Strategis Desa Wisata Tembi untuk Meningkatkan Pariwisata dan Perekonomian Kabupaten Bantul Yoyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 10(1), 51-62. https://ejournal.stipram.ac.id//

Kamaluddin, I. 2020. Analisis SWOT untuk merumuskan strategi bersaing pada PT. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4).

Laipi, C. I., Rondonuwu, D. M., & Mononimbar, W. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kecamatan Airmadidi Dan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Spasial, 7(1).

Luh Putu Mahyuni, & Dewa Made Agus Satriawan. (2021). Menggali Potensi Maniktawang Sebagai Desa Wisata Alam dan Budaya.Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.6300

Mistriani, N. (2019). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Puri Mataram Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Gema Wisata, 15(1).

Muhamad, A., Hakim, L., & Fatmawati. (2021). strategi pengembangan parawisata Malino di kabupaten Gowa. Unismuh, 2, 0–6.

Pongtiku, A., dan Kayame, R. 2019. Metode Penelitian Tradisi Kualitatif. Bogor : IN MEDIA.

Republik Indonesia.Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.Sekretariat Negara. Jakarta.2010.

Restianti, R., Yuliana, Y., dan Ferdian, F. 2017. Strategi Pengembangan Sarana di Objek Wisata Candi Muarajambi. E-Journal Home Economic and Tourism, 15(2). https://ejournal.unp.ac.id

Rosyetti, R., dan Mardiana, M. 2017. Pengembangan Objek Wisata Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, Riau University), Vol. 4 No. 1, https://jom.unri.ac.id/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wijianto (2024). Strategi Pengembangan Wisata Alami Dalam Erfa Digitalisasi, Edunomika. Vol 8 No. 2 https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/13101/pdf

Zahrotul Umami (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal Interaksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v17i2.29041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suhartapa Suhartapa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats