Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi

Ilah Ilah(1*)

(1) Universitas Galuh Ciamis
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dalam mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas Xl IPS di SMA Negeri I Ciamis. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis yang berjumiah 122 siswa dengan sample sebanyak 62 orangtediri dari 31 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang dari untuk kelas kontrol.Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes melalui pretest dan postest. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t atau uji beda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif Pendekatan Struktural Teknik Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Ciamis lebih unggul dibandingkan dengan pencapaian hasil belajar siswa melalui penerapan metode ceramah.

Kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif, two stay two stray, ekonomi

 

ABSTRACT

This study aims to try out the Two Stay Two Stray (TSTS) technique cooperative learning model in Economics in the XI IPS class students at Ciamis State High School I. The research method used was the experimental research method. The population in this study was all students of class XI IPS in SMA 1 Ciamis which consisted of 122 students with a sample of 62 students from 31 people for the experimental class and 31 people for the control class. Sampling was done purposive sample. Data collection techniques were carried out by observation and testing through the pretest and posttest. Then the data are analyzed using t test or different test. The results of the study can be concluded that the improvement of student learning outcomes through the application of Cooperative Learning Models of the Technical Structural Approach of Two Stay Two Stray on Economics subjects in Ciamis State High School I is superior to the achievement of student learning outcomes through the application of lecture methods.

 

Keywords: learning model, cooperative, two stay two stray, economy


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lie, Anita. (2008). Kooperarif Learning. Jakarta: PT Grasindo

Praseryaningsih, Ika Hesty. (2009).Penerapan Metode Dua Tinggal Dua Tamu(Two Say Two Stray) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil BelajarGeografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Mofogedang Tahun Ajaran2009/2010. Univesitas Negeri Yogya; tersedia 22 Janauri 2014.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. (2012).Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanti, Desy Dwi. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DuaTinggal Dua Tamu (Duti-Duta) Dengan Metode Praktikum BerhasisKarakter Dalam upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan HasilBelajar Fisika Siswa Di Kelas XI -IFA I SMA Negeri Jatiroto. FKIP Universitas Jember; tersedia 25 Januari 2014.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: PT.Burni Aksara.

Winkel, W S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.