Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Industri Kreatif di Kampung Gintung
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan di industri kreatif Kampung Gintung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar pelaku usaha belum memanfaatkan digital marketing secara optimal. Kendala utama yang dihadapi meliputi kurangnya pengetahuan teknis, keterbatasan dana untuk promosi, dan minimnya waktu untuk mengelola media sosial. Meskipun demikian, potensi media digital seperti Instagram, TikTok, dan marketplace online diakui besar untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, pelaku usaha menunjukkan minat tinggi untuk mempelajari strategi pemasaran digital jika diberikan dukungan berupa pelatihan, pendampingan, dan subsidi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi digital marketing yang tepat dapat membantu meningkatkan daya saing dan penjualan produk lokal. Oleh karena itu, diperlukan langkah strategis berupa edukasi, pendampingan, dan kolaborasi antara pelaku usaha, pemerintah, serta komunitas lokal untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business.Taylor & Francis (untuk jurnal Service Industries Journal). London, England
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice* (7th ed.). Penerbit:Pearson Education Limited. Harlow, England
Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development and validation. Elsevier (untuk jurnal Journal of Interactive Marketing). Amsterdam, Netherlands
Kannan, P. K., & Li, H. (2017). Digital marketing: A framework, review, and research agenda. Elsevier (untuk jurnal International Journal of Research in Marketing), Amsterdam, Netherlands
Miller, R., & Lammas, N. (2010). Social media and its implications for viral marketing. Asia Pacific Public Relations Journal. Queensland, Australia
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? : Elsevier (untuk jurnal Business Horizons), Amsterdam, Netherlands
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing: Content, Communities, and Contexts* (3rd ed.). Sage Publications. Thousand Oaks, California, USA
Parebing AB. (2024). Literature Review: STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM. Jurnal Interdisipliner Indonesia. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mjVol. 01, No. 01, 2024, Hal. 17–24
Saputri A.M & Fasa M.I, (2024). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Dayasaing Umkm Jicn: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara https://jicnusantara.com/index.php/jicn. Vol : 1 No: 5, Oktober - November 2024 E-ISSN : 3046-4560
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v17i2.28563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 kiki ismanti, sigit indra prianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.