Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pada Pelajaran Ekonomi

Dhimas Aryatama(1), Askardiya Mirza Gayatri(2), Prasetio Ariwibowo(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Depok. Dengan alat bantu uji analisis berupa SPSS versi 27. JUmlah sampel pada penelitian ini sebesar 71 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y= 73,82901 + 0,232391 X1 + (-0,197658) X2 dengan hasil nilai koefisien korelasi berganda sebesar ry(1,2)= 0,798 yang berada pada interval 0,60 – 0,799 dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Hasil perhitungan hipotesis uji T diperoleh yaitu untuk variabel X1 (sosial ekonomi orang tua) diperoleh nilai Thitung = 9.996 lArtinya ada pengaruh yang signifikan dari sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel X2 (lingkungan teman sebaya) diperoleh nilai Thitung -8.353. Artinya lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hasil perhitungan hipotesis uji F diperoleh yaitu F hitung selanjutnya dikonsultasikan dengan F tabel dengan derajat kebebasan (dk) pembilang = 2 dan dk penyebut = 68 untuk taraf signifikansi 5%, maka diperoleh F tabel = 3,13. Kesimpulan dari peneltiain ini adalah F hitung = 59.672> daripada F tabel = 3,13. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis uji F adalah ada pengaruh yang signifikan dari sosial ekonomi orang tua (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) terhadap prestasi belajar (Y).


Keywords


Sosial Ekonomi; Lingkungan Teman Sebaya; Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afdila, N., Fatmariza, Montessori, M., & Muchtar, H. (2022). Implikasi Pembelajaran Daring terhadap Kehidupan Keluarga pada Masa Covid-19. Journal of Civic Education, 5 No 1. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3029310

Antony, E. M. (2022). Framing Childhood Resilience Through Bronfenbrenner’s Ecological Systems Theory: A Discussion Paper. Cambridge educational research e-journal, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.17863/cam.90564

Arshinta, F., Djasuli, M., & Rimawati, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi dengan Love of Money sebagai Variabel Intervening. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 13 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.35384/jkp.v13i2.52

Astuti, F. P. R. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3 No 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.36

Baharuddin, H., & Wahyuni, N. E. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar- Ruzz Media.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya. Dongoran, D., & Boiliu, M. F. (2020). Pergaulan Teman Sebaya Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.560

Elinggrawati, Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7567350

Febriana, W. S., & Dra. Wafrotur Rohmah, M. (2014). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Danperhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 No 1. http://hdl.handle.net/11617/4891

Febrina, L., Normelani, E., & Hastuti, P. K. (2016). Identifikasi Kondisi Sosial Ekonomi Penduduk Di Kelurahan Kelayan Luar Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi, 3 No 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i2.1462

Fithroti, I. (2018). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25p

Fitriani. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Kontrol Diri Siswa Di Sma Ylpi Pekanbaru. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8 No 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i1.2858.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 6 No 2. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/948/882.

Hasbullah. (2015). Dasar- dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.

Hidayatullah, S. M. (2016). Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 4 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.501

Hisyam, R. F. (2018). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7 No 4. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/10961/1 0499

Jusmawati, Satriawati, & Irman. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Rizky Artha Mulia.

Kuraesin, U. S., & Wawan. (2020). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Thoriqotuna: jurnal Pendidikan Islam, 3 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.230.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter: konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat. Ar Ruzz Media.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Meisartika, R., & Safrianto, Y. (2021). Karakteristik Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Kerja Pegawai Kantor Camat Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4 No 2. https://repositori.utu.ac.id/id/eprint/871/1/ARTIKEL%20JURNAL.pdf

Mueljono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Naim, A. Z., & Djazari, M. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan lingkungan Sebaya, terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN Pengasih. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26517

Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS Pengolahan Data & Analisis Data. Anak Hebat Indonesia.

Khairinal. (2018). Menyusun: Proposal, Skripsi, Thesis & Disertasi. Salim Media Indonesia.

Rahmadhani, T., & Junaidi, J. (2023). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Journal of Education & Pedagogy, 2 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.99

Ramadhanti, D., Mulyadi, H., & Razati, G. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 16 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/strategic.v16i2.7068

Rozalia, F. M. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821.

Sapara, M., M., Lumintang, J., & Paat, J., C. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 13 No 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29607

Saraswati, A. D., & Purnami, A. S. (t.t.). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Pengaruh Fasilitas Belajar Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP Negeri Se-Kecamatan Pleret Bantul. Diambil 1 Juli 2024, dari https://j.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2307

Sari, K. G., Ninghardjanti, P., & Susantiningrum. (2019). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3 No 3. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jikap.v3i3.35375

Parmadani, T., Selvi & Latifah, L. (2016). Economic Education Analysis Journal Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Info Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Siregar, S. (2016). Statistika deskriptif untuk penelitian: dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soraya, N. A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pola Asuh Orangtua, Cara Belajar Dan Peran Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5 No 2.https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13661.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suhaida, P., & Mardison, S. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islam, 5 No 1. https://doi.org/10.15548/atj.v5i1.752

Suparmi, Murdy, K., Maulidun, & Alim, L. M. (2023). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Reguler Dan Binsus Smp Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15653.

Suwanto, I., Mayasari, D., & Dhari, W. N. (2021). Analisis Peran Teman Sebaya dalam Pengambilan Keputusan Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11 No 2. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.10101.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, K. S. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Komunikasi Pendidikan, 2 No 2.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosda Karya.

Tambunan, I. R., & Hutasuhut, S. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i2.2331.

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 No 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/kons.v1i2.306

Triwidatin, Y. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Bogor. Jurnal Akunida, 5 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jakd.v5i2.2310

Utomo, D. S., Adi, W. B., & Sunarto. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4 No 1. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url= https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/download/11880/8498&ved=2ahUKEwiYiZDn- oWHAxVRn2MGHbGeBvoQFnoECBAQAQ&usg=AOvVaw3eAJkWuyD6 Sq6klTYy4Vlb.

Watoni, S. M. (2017). Pengaruh Status Sosial, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kondisi Ekonomi terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Ma Palapa Nusantara. Jurnal Muta’aliyah, 1 No 1. https://www.neliti.com/publications/181414/pengaruh-status-sosial-tingkat- pendidikan-orang-tua-dan-kondisi-ekonomi-terhadap#id-section-conte




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v17i2.27975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PRASETIO ARIWIBOWO, S.MB.MM., Ph.D, Dhimas Aryatama, Askardiya Mirza Gayatri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats