Pengaruh Strategi Flash Sale dan Content Creator terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Tiktok Shop

Roslinda Jasmine Darmawan(1*), Satria Danur Dara(2), Ummi Istiqomah(3)

(1) universitas pertiwi
(2) Universitas Pertiwi
(3) Universitas Pertiwi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Flash Sale dan peran Content Creator terhadap keputusan pembelian konsumen di TikTok Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Flash Sale memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, terutama dalam menciptakan rasa urgensi. Content Creator juga berkontribusi secara signifikan dengan membangun kepercayaan dan daya tarik terhadap produk. Secara simultan, kedua variabel ini memberikan kontribusi sebesar 32% terhadap keputusan pembelian, sementara 68% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital.

Keywords


Flash Sale, Content Creator, Keputusan Pembelian, TikTok Shop, Pemasaran Digital.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bai, X., & Zhang, L. (2021). "Impact of Flash Sales on Consumer Purchase Behavior in Social Media Platforms." Journal of Electronic Commerce Research.

Chung, Y., Zhang, J., & Zhang, W. (2018). "The Effectiveness of Flash Sales: A Behavioral Perspective." Journal of Retailing and Consumer Services.

Freberg, K. (2011). "The Role of Social Media in Influencing Consumer Behavior." Journal of Public Relations Research.

Huang, Y., & Zhang, J. (2019). "Consumer Behavior in Flash Sales." Journal of Marketing Research.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. John Wiley & Sons.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, (2019:137). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed.).

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management.

Tjiptono, F. (2019). Brand Management & Strategy. Andi Offset.

Nurjanah (2021). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan pada Usaha Laundry Bunda Sudirman dan Kawan-Kawan (2020). Metodologi Penelitian 1

Siti Kaenah Sari dan Iman Julisman (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Philips terhadap Minat Beli Konsumen pada Yogya Gran Majalengka




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v17i1.27941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 roslinda jasmine darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats