SAMUDERA BIRU Sebagai Kerangka Kesuksesan Bisnis “Pocary Sweat”

tulus widjajanto(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Persaingan dalam kompetisi langsung satu sama lain demi mengejar pertumbuhan yang stabil dan menguntungkan merupakan jalan yang ditempuh oleh perusahaan sejak jaman dulu. Mereka bertarung demi keuntungan kompetitif, berebut pangsa pasar dan berjuang menciptakan diferensiasi. Padahal tanpa disadari persaingan tersebut akan menghasilkan  laba yang semakin menyusut.  Mengingat pada kondisi persaingan yang ketat, perusahaan dipaksa untuk berkompetisi dan berusaha untuk menciptakan nilai bagi pelanggan.

Konsep samudera biru dimunculkan oleh Profesor Kim dari Harvard University dengan harapan untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat. Strategi Samudera Biru menggambarkan pergeseran paradigma dalam aksi strategi. Sebagai ilustrasinya Kim dan Mauborgne membagi dunia strategi bisnis menjadi dua samudra, yaitu Samudera Merah (fokus kepada kompetisi yang ada) dan Samudera Biru (keluar dari kompetisi dan menciptakan inovasi baru).

Samudra merah akan selalu penting dan menjadi fakta dari dunia bisnis. Tetapi, dengan kondisi pasokan yang melebihi permintaan disebagian besar industry, berkompetisi meraih pangsa dari pasar yang bersitegang, meski perlu tidak akan memadai untuk mendukung kinerja prima. Perusahaan perlu melampaui kompetisi. Untuk meraih laba dan kesempatan pertumbuhan baru, perusahaan juga perlu menciptakan samudera biru.

 

Kata kunci:  Samudera Biru sebagai alat untuk memenangkan persaingan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR RUJUKAN

Tjiptono, F., Chandra, G. (2012). Pemasaran strategik : mengupas pemasaran strategik,

branding strategy, customer statisfaction, strategi kompetitif, hingga e-

marketing. Edisi 2. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Amstrong, K. (2003). Dasar-dasar pemasaran. Diterjemahkan oleh Bambang Sarwiji. Edisi 9.

Jilid 1. Jakarta : PT.Indeks.

Kim, W.C., Mauborgne, R. (2005). Blue ocean strategy(strategi samudra biru): ciptakan ruang pasar tanpa pesaing dan biarkan kompetisi tak lagi relevan). Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Rufaidah., F. (2012). Manajemen strategik. Bandung: Humaniora.

Sugiana, G. (2013). Metode riset : bisnis dan manajemen.Edisi 3. Bandung: CV Guardaya Intimarta.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa: teori dan praktik, Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.

Mazhaly, Numar D, Moengin, P. Penerapan blue ocean strategy di pt x dalam menghadapi persaingan penjualan automatik tank gauging di Indonesia. Magister Teknik Industri, Universitas Trisakti.

Rachman S.A., Pujangkoro, S.A, & Ginting, R. (2013). Pendekatan blue ocean strategy terhadap strategi pelayanan rumah sakit. 1. (2). 40-46.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.