Studi Pelayanan Pengurusan Tanah Adat di Kota Sorong

Muhammad Ridha Suaib(1*), Edyanto Edyanto(2)

(1) universitas muhammadiyah sorong
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian untuk menganalisis pelayanan pengurusan tanah adat di Kota Sorong. Pelayanan pengurusan tanah dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisa, tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pengurusan tanah pada Kantor Pertanahan Kota Sorong dilaksanakan dengan sistem loket. Adapun aparat pada Kantor Pertanahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat telah menunjukkan transparansi dalam pelayanan, namun dalam hal profesionalisme menunjukkan belum optimalnya aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aparat pelayanan di Kantor Pertanahan telah memberikan kemudahaan dalam pengurusan tanah kepada masyarakat. Namun dalam hal profesionalisme, aparat menunjukkan belum optimal dalam pelayanan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAF TAR RUJUKAN

Bungin, B. (2003). Analisa Data Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hariani, D. (2006). Analisa Kebijakan Publik Di Kabupaten Gianyar. Diologue JIAKP , III (1), 1-18.

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Elektronik Government. Jurnal Sasi , XVII (3), 21-30.

Kamarni, N. (2011). Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat (Kasus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Agam). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan , II (3), 84-117.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya .

Pratama, M. (2015). Strategi Meningkatkan Pelayanan Publik. Kebijakan dan Manajemen Publik , III (3), 90-98.

Rudianto, Y. (2005). Pelayanan Publik Pada Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan. Jurnal Madani , II, 33-45.

Sinambela, L. P. (2007). Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.