Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati

deddy dariansyah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana Pengaruh Displin Kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja pegawai pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan survey lapangan dengan pendekatan analisis statistik regersi. Dengan menggunakan metode serta variabel- variabel tersebut diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada pegawai dilingkunganpada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati Jakarta Timur. Responden penelitian ini adalah 75 Pegawai dengan menggunakan teknik sampel survey.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Disiplin Kerja dan Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dalam kategori pengaruh sedang. Hal ini bisa dilihat dari hasil statistik uji korelasi dan uji hipotesis dimana dari kedua variabel tersebut dengan menggunakan linier berganda uji F dan uji T. Sedangkan uji statistik untuk variabel kualitas pelayanan dipengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian temuan empiris ini mengindikasi bahwa untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan memperbaiki tingkat kedisiplinan dan motivasi pegawai.

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Motivasi, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung Penerbit Remaja Rosdakarya.

Atep, Adya Barata. 2004. Dasar – dasar Pelayanan Prima. Jakarta

Penerbit Elex Media Komputindo.

Fandy, Tjiptono. 2010. Service Management : Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta Penerbit Andi.

Malayu SP Hasibuan. 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta

Penerbit STIE YKPN.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010

tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Badan Kepegawaian Negara

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Bisnis. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Undang Undang Peprpajakan Nomor 16 tahun 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.