Harga dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Upnormal

Indah Purnama Sari(1*), Tiara Elsya Medyani(2)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi FIPPS Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi FIPPS Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan physical evidence terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Sampel diambil sejumlah 100 orang secara acak dari pelanggan Warunk Upnormal. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji t, ditemukan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, demikian juga variabel physical evidence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Adapun hasil uji F menunjukkan kedua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji R2 menunjukkan kontribusi variabel harga dan physical evidence, cukup besar pada variabel kepuasan pelanggan. Rekomendasi bagi perusahaan yaitu, menentukan harga yang tepat sesuai target pasar serta melengkapi fasilitas dengan fasilitas yang unik, kreatif, dan memiliki diferensiasi dengan usaha sejenis. Untuk usaha restoran, faktor physical evidence akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk mengulangi kunjungan. Jika pelanggan merasa puas, maka besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE.

Basrowi. (2011). Kewirausahaan untuk Perguruan TInggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Diasari, S. A., & Oetomo, H. W. (2016). Pengaruh Harga, Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5 No 12 Desember , 1-20.

Ghozali, M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Expedisi di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 3 No 3 , 1-15.

Jacobus, V., & Wahyudi, T. A. (2017). Pengaruh Physical Evidence, Harga, dan Produk terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Hypermarket. NCBM 2017 Kalbis Institute (pp. 1-15). Jakarta: Kalbis Institute.

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Place, dan Place terhadap Tingkat Kunjungan di Cave Coffee Cozies Surabaya. Jurnal manajemen Pemasaran Petra Vo 1 No 2 , 1-9.

Sari, I. P., Ikaningtyas, S., & Desnaranti, L. (2018). Peningkatan Mutu Physical Evidence di Sekolah Dasar melalui Gerakan Toilet Ramah Anak. Jurnal PKM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 01 No 02 Mei-Agustus , 128-135.

Sari, M., & Oetomo, H. W. (2013). Pengaruh Physical Evidence terhadap Kepuasan Pelanggan Lottemart dengan Aksesibilitas sebagai Variabel Moderator. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 4 No 10 Oktober , 1-15.

Sumarwan, U., & dkk. (2009). Pemasaran Strategik, Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham. Jakarta: Inti Prima.

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.