Peranan Perempuan dalam Membangun Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Berprinsip Syariah (Studi Kasus KSU Huwaiza Depok)

lindiawatie Lindiawatie(1*), Dhona Shahreza(2), Anita Ria(3)

(1) Pendidikan ekonomi fakultas ilmu pendidikan dan pengetahuan sosial Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan  kesetaraan gender dalam SDGs adalah meningkatkan kualitas dan peran perempuan di berbagai bidang pembangunan. Salah satu pemberdayaan gender dalam pembangunan  adalah berdirinya koperasi simpan pinjam Huwaiza yang  dibentuk atas inisiatif kaum perempuan yang aktif dalam komunitas pengajian dengan sistem operasional syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perempuan dalam membangun kinerja koperasi yang berlandaskan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Peran perempuan dalam membangun kinerja koperasi berprinsip syariah adalah  membagi tugas sesuai gender menurut prinsip kesetaraan gender dan non diskriminatif, mendorong fungsi  manajemen sebagai pengelola senantiasa meningkatkan kinerja dengan melibatkan saran dan masukan pengawas bidang manajemen, menjaga operasionalisasi koperasi supaya tetap berada di jalur syariah dengan melibatkan pengawas bagian syariah. Dengan terwujudnya  prinsip kesetaraan gender yang tepat melalui pembagian tugas yang bersifat non diskriminatif dan adil membuat koperasi syariah  mampu meningkatkan aset dan jumlah anggotanya.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ananda, M. Aditya. (2013). Analisis Pengaruh CAR, FDR, NPF dan BOPO terhadap ROA Bank Umum Syariah (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2012). Tesis yang dipublikasikan. Diakses pada 22 Mei 2018.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Aziz, M. Amin. (2005). Pedoman Perizinan BMT. Seri Pinbuk 001/04. Pinbuk Press. Jakarta.

_____________. (2005). AD/ART BMT. Seri Pinbuk 002/05. Pinbuk Press. Jakarta.

Bappenas. (2017). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Jakarta.

Hasanah, Siti. (2013). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Ekonomi Berkeadilan (Simpan Pinjam Syariah Perempuan). Jurnal Sawwa. Volume 9. Nomor 1. Oktober. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2016). Pembangunan Manusia Berbasis Gender. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Koperasi Huwaiza. (2016). Laporan Kinerja Tahun Buku 2015. Disampaikan pada Rapat Anggota Tahunan XIII. Depok. 28 Februari 2016.

Lestari, Endah Tri. (2013). Analisis Rasio keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada BMT Syariah Surya Dana Makmur di Tulung Klaten. Skripsi yang dipublikasikan. Diakses pada 15 Mei 2018.

Mustika, Wulan. (2016). Peran Perempuan dalam Program Pemberdayaan Masyarakat dan Pengaruhnya terhadap Sumbangan Ekonomi Keluarga. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.