Perspektif Tingkat Kemampuan dan Transformasi Wirausahawan Merubah Risiko menjadi Sukses Berwirausaha

tedy ardiansyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study to determine the level of entrepreneurial ability in the process of changing a constraint or risk into profit or the success of the events that have been done, research methods using research with qualitative descriptive approach, where researchers want to explore phenomena - phenomena that can not be calculated and is descriptive. In general, the reasons for the risks of becoming an entrepreneur are divided into 5 sections: 1. No new experience, 2. No capital, 3. No courage, 4. No guiding person and 5. Fear of getting out of comfort zone. The above risks can be overcome with the level of entrepreneurial ability, the level of ability classified as follows: 1. Risk Averter (avoid the risk), 2. Comfort Risk Calculation Taker (people who calculate the risk should be less than the gain he earned), 3 Risk Calculation Taker (risk taking business with safe calculation) 4. Risk Manager (risk manager for him) 5. Risk Taker (Risk Taker). The conclusion that the level of ability of entrepreneurs can change the risk of becoming an entrepreneurial susceptible.



Keywords: Entrepreneurs, Entrepreneurial, Transformation, Risk, Success

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Tingkat kemampuan dan transformasi wirausahawan didalam proses merubah suatu kendala atau risiko menjadi keuntungan atau kesukseskan dari peristiwa-peristiwa yang telah dilakukan, metode penelitian menggunakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti ingin mengeksplor fenomena – fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif. Secara umum alasan risiko untuk menjadi wirausahaan dibagi menjadi 5 bagian yaitu: 1.Tidak mempunyai pengalaman baru, 2. Tidak mempunyai modal, 3. Tidak mempunyai keberanian, 4. Tidak ada orang yang menuntun dan 5. Takut keluar dari zona nyaman. Risiko tersebut diatas dapat diatasi dengan tingkatan kemampuan dan Transformasi wirausahawan, untuk Tingkat kemampuan antara lain: 1. Risk Averter (menghindar dari risiko), 2. Comfort Risk Calculation Taker (orang yang menghitung risiko yang terjadi harus lebih kecil dari keuntungan yang ia peroleh), 3. Risk Calculation Taker (berani mengambil risiko usaha dengan perhitungan aman) 4. Risk Manager (manajer risiko bagi dirinya) 5. Risk Taker (Pengambil Risiko), serta Transformasi kewirausahaan yaitu 1.Pola pikir & paradigm, 2.Visioner (Kreatif & inovasi), 3.Owner, dan terakhir 4.Investor. Hasil kesimpulan bahwa tingkat kemampuan dan Transformasi wirausahwan dapat merubah risiko menjadi suskses berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Tingkat kemampuan dan transformasi wirausahawan mempunyai korelasi perubahan risiko menjadi kesuksesan.

Kata kunci: Kewirausahaan, Tingkat Kemampuan, Transformasi, Risiko, Kesuksesan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR RUJUKAN

Alim, M. C. (2013). MOTIVASI DAN SEMANGAT KERJA DENGAN BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA Mohammad Cipto Alim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Madura. Wacana Equiliberium No.1 Des 2013, 1(1), 88–102.

Ardi, S., Ardianti, R., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Entrepreneurial Motivation Dan Persepsi Terhadap Sektor Formal Di Jawa Timur. AGORA, 2(1).

Brilio.net. (2018). 10 pebisnis ini sempat gagal sebelum akhirnya sukses besar. Retrieved from www.brilio.net

Bukalapak, K. (2014). Apa yang Ingin Anda Cari Tahu?? Beberapa hambatan atau kendala Wirausaha pada umumnya. Retrieved from https://komunitas.bukalapak.com/s/supomk/beberapa_hambatan_atau_kendala_wirausaha_pada_umumnya

Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(3), 297–323.

Hadiyati, E., & Gajayana, U. (2012). KREATIVITAS DAN INOVASI PENGARUHNYA TERHADAP. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(3), 135–151.

Hendro. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan: panduan bagi mahasiswa untuk mengenal, memahami dan memasuki dunia bisnis. Jakarta: Erlangga.

Irawati, R., & Hati, S. W. (2014). Faktor-Faktor yang Memotivasi Minat Mahasiswi dalam Berwirausaha di Politeknik Negeri Batam. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(April).

Jailani, M., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan , Motivasi Belajar , Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52–59.

Kasali, R. (2010). Wirausaha muda Mandiri. Jakarta: Gramedia.

Kasali, R. (2012). Cracking Entrepreneurs, inilah para crackers local yang tak ada matinya. Jakarta: Gramedia.

NP, M. G. W. E. (2012). Analisis faktor-faktor motivasi berwirausaha terhadap keberhasilan pengusaha UKM (studi pada UKM kota Malang). Profit, Volume 6 No. 1 Juni 2012, 1(1), 50–53.

Ponco, R., Karyaningsih, D., & Wibowo, A. (2017). Hubungan Kreativitas , Efikasi Diri dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 5(2), 162–175.

Prof Dr. Sama’un Jaja Raharja. (2008). Dasar Pola Pikir Kewirausahaan dan Wirausaha. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).

Purnama, C. (n.d.). Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil ( Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur ). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), 177–184.

Purwanto, N., & Sugiono, D. (2017). PENGARUH FAKTOR INTERNAL, EKSTERNAL DAN MOTIVASI DAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUASAN AKUNTANSI ( Studi Mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang ). Jurnal Dinamika Dotcom no.2 Juli, 8, 87–97.

Rahmidani, R. (2014). Analisa Faktor Penghambat Berwirausaha pada pengrajin sulaman wanita di Jorong Lundang Kanagarian Panampuang Kabupaten Agam. Kajian Manajemen Bisnis, Vol.3.

Satori. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sri Zuliarni. (2014). Analisis Kreatifitas dan Inovatif Pengusaha Industri Kreatif Sub Sektor Kerajinan di Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 110–123.

Sukmadinata s., nana. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Surya Dharma, H. A. (2009). Kewirausahaan sekolah berbasis kreativitas dan inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 102–117.

Uswaturrasul, Y., & Sisilia, K. (2015). ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA ( Studi pada Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University Angkatan 2011 ) ANALYSIS OF STUDENT ’ S ENTREPRENEURIAL INTENTION AND ENTREPRENEURIAL MOTIVATION ( A Study on Business Administration Study. In e-Proceeding of Management: Vol.2, No.3 Desember 2015 (Vol. 2, pp. 3586–3596).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.