Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Bank Sinarmas KK Duri Pulo Gambir Jakarta Pusat

Burhanudin Burhanudin(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Sinarmas KK Duri Pulo Gambir Jakarta Pusat. Sampel dari penelitian ini adalah 94 nasabah Bank Sinarmas KK Duri Pulo Gambir Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara : (1) harga terhadap kepuasan nasabah,  (2) kualitas layanan  terhadap kepuasan nasabah, (3) harga terhadap loyalitas nasabah, (4) kualitas layanan  terhadap loyalitas nasabah, (5) dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Secara keseluruhan, baik secara langsung maupun tidak langsung besarnya pengaruh diketahui 34,62%, sedangkan sisanya sebesar 65,38% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dharmayanti, Diah. (2006). Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan sebagai moderating variable terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1 No.1 April 2006.

Dick, A. S. dan Basu, K. (1994). Customer Loyalty : Towards an Integrated Conceptual Framework. Journal of the Academy of Marketing Science. 99-113.

Fadma Yulianti. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Panin Tbk KCP A. Yani Banjarmasin: Jurnal SPREAD, Vol. 3 No. 2. Oktober 2013.

Goetsch, David L. dan Davis, Stanley B. (2011). Pengantar manajemen Mutu. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Prenhalindo.

Irawan, Deni dan Edwan Japarianto. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran POR KEE Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 2, (2013) 1-8.

Janita, Inka S. dan Andriani Kusumawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang), Jurnal administrasi Bisnis, Vol.15, No. 1. Oktober 2014.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. New Jersey : Pearson Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Alih bahasa Bob Sabran) Jilid 1. Edisi keduabelas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2007). Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, edisi 12 Jilid 2. Jakarta: PT.INDEKS.

. (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh Jakarta: PT. Prenhalindo.

Lupiyoadi. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Melysa Elisabeth Pongoh. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado: Management Analysis Journal EMBA 1(4): 86-94.

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (1996). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

_____________________________. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy 9th. New York USA : Mc Graw Hill.

Rangkuti, Freddy. (2004). The Power of Brand. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

______. (2008). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rifqy Purwo Adi. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen : Management Analysis Journal 2(1) (2013): 110-115.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. (2007). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi

____________ . (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi.

. (2013). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.