Persepsi Kelas Menengah Muslim terhadap Dual Banking System dalam Membentuk Kekuatan Merek Perbankan Syariah

Lindiawatie Lindiawatie(1*), Muzdalifah Muzdalifah(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

The goal of the research is knowing influence the perception of the dual banking system among the Middle Class of Moslems informing the brand strength of Islamic Banking. The method is by taking data through the questionnaire in the East/South Jakarta and Depok from February to July 2016. Data analysis using simple linear regression by the amounting was 320 respondents. The results that there are influences the perception among the Middle Class of Moslems against the dual banking system in building brand strength of the Islamic Bank (IB), that is 19% (R2). The brand strength of "Islamic Bank (IB)" will be increased by 0.49% when the perception among the Middle Class of Moslems against the dual banking system increased by 1%. Perception of The Middle Class of Moslem to the existence of the dual banking system in building brand strength Islamic Banking (IB) is positive with

categories moderate (0,436).

Keywords: Perception, The Middle Class of Moslem, Dual Banking System, Brand 

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kelas menengah Muslim Indonesia terhadap dual banking system dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah di Indonesia. Metode pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan pada 320 responden yang berlangsung pada Februari sampai dengan Juli 2016.Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh persepsi kelas menengah Muslim terhadap dual banking system dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah sebesar 19 %, dengan korelasi tergolong positif dan sedang (0,436). Kekuatan merek dari Islamic Bank (IB) “lebih dari sekedar bank” akan meningkat sebesar 0,49 % apabila persepsi kelas menengah Muslim terhadap dual banking system naik sebesar 1 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi kelas menengah Muslim Indonesia terhadap dual banking system  dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah dikategorikan moderat atau sedang artinya pandangan kelas menengah muslim terhadap bank syariah yang tergabung dengan bank induk konvensional tidak menjadi persoalan bagi mereka.

Kata kunci : Persepsi, Kelas Menengah Muslim, Dual Banking System, Merek


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ascarya. (2006), Akad dan Produk Bank Syariah: Konsep dan Praktek di Beberapa Negara, Penerbit Bank Indonesia, Jakarta.

Kotler, P dan Kevin, L.K, (2009), Manajemen Pemasaran,Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lovelock, C. dan Lauren, K.W. (2007), Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks, Jakarta.

Oberman, Raoul et al. (2012), The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia's Potential, McKinsey Global Institute.

Republika,“Sejarah Perkembangan Industri Perbankan di Indonesia.” http://www.republika.co.id. 2008.

Salim, Felia. Indonesia’s Middle Class. Dipresentasikan pada klub Finansial tentang Indonesa’s Middle Class. Jakarta. 2012.

Schiffman, L. and Leslie, L.K. (2008). Perilaku Konsumen, Edisi ke 7, PT Indeks, Jakarta.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Penerbit Kencana Prenadamedia Group, Jakarta.

Solihin, A.I.(2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah, Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Stratten, S. and Alison, K. (2014). Unselling Pengalaman Baru Konsumen, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta.

Tjiptono, F. ( 2014). Branding & Brand Longevity di Indonesia, Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Tim Bank Indonesia dan Center for Banking Research(CBR) Universitas Andalas. “Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan : Bank Syariah Vs Bank Konvensional”, Penerbit Bank Indonesia, Jakarta, 2006.

Widiatmanti, Herru. “Artikel Penghasilan Kelas Menengah Naik = Potensi Pajak?” http://www.bppk.kemenkeu.go.id,2015.

Yuswohady, (2015), Marketing To The Middle Class Muslim, Edisi Revisi. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.