Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE GICI Business School

Herman Susilo(1), Jhonson Sitanggang(2*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE GICI Business School. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 96 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 76,2% faktor-faktor kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional, kualitas pelayanan, dan fasilitas belajar sedangkan sisanya 23,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kecerdasan emosional, kualitas pelayanan, dan fasilitas belajar secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (102,139) > Ftabel (2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional menunjukkan hasil analisis thitung­ (4,129), variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung­ (3,510)  dan variabel fasilitas belajar menunjukkan hasil analisis thitung  (2,676)  dimana  ttabel  (1,985)  maka secara parsial ketiga valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa STIE GICI Business School. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa STIE GICI Business School adalah kecerdasan emosional.

 


Keywords


Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Belajar, Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Daryanto (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah.Bandung: Satu Nusa.

Daud, Firdaus. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan.

Duwit, Malchatur. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Materi Jamur Siswa Kelas X SMA YPK Teminambun Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal Pendidikan. ISSN 2338-3402 Volume 4 No.2.

Ginting, Nembah F Hartimbul, 2011. Bandung : CV. Widyatama

Goleman (2011). Emotional Intelligence. Kecerdasan Emosional Mengapa EL Lebih Penting Dari pada IQ. (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta : PT. Grameda Pustaka Utama.

Hutasoit, C.S. (2012). Pelayanan Publik. (Cetakan Pertama). Jakarta : Magnascript Publishing.

Kirom, Bahrul. (2012). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. (Cetakan Ketiga). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Komala, Intan. (2010). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada PT. Kepland Investama. Skripsi STIE GICI Business School Jakarta.

Kotler, Philip, Gerry Armstrong. (2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Edisi Empatbelas). Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Lovelock, C., Wirtz, J., Mussry, J. (2010). Service Marketing. (Edisi Ketujuh). Jakarta: Salemba Empat.

Manoppo, Ferinda. (2013). Kualitas Pelayanan dan Service Cape Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Grand Puri Manado. Jurnal Pemasaran. ISSN 2303-1174 Volume I No. 4 (1341-1348).

Mar’at, Samsunuwiyati. 2011. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Noviana,(2015). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Universitas Sebelas Maret.

Riduwan, (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Safitri ,Ayu.(2014) .Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah di STIE Gici Business School Jakarta.

Samosir,(2008).Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Mnggunakan Perpustakaan Universitas Sumatera Utara

Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Subagyo, Ahmad. (2010). Marketing In Business. (Edisi Pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. (Cetakan Pertama). Yogyakarta Caps.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Bisnis. (Cetakan Ketujuh). Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. (Cetakan Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. (Cetakan Pertama). Jakarta : Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v16i1.21324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jhonson Sitanggang; Herman Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.