Pengaruh Kecepatan Pengiriman dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PT Sicepat Ekspres Jatisampurna Bekasi

Agus Jamaludin(1*), Toto Widiarto(2), Juni Mashita(3), Muhammad Aldi(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kecepatan pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Jatisampurna di Bekasi, menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PT. Sicepat Ekspres di Jatisampurna Bekasi yang berjumlah 200 orang. Jumlah sampel sebanyak 67 orang dengan menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Maka didapat persamaan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh Y=8,985 + 0,182 X1 + 0,615 X2+ e. analisis koefisien korelasi berganda berdasarkan pedoman derajat hubungan R2 = 0,744 menunjukan bahwa hubungan antara variabel kecepatan pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen merupakan terjadi hubungan yang kuat. Hasil  uji determinasi 54% menunjukan bahwa kecepatan pengiriman (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y), sedangkan sisanya sebesar 46% merupakan pengaruh variabel-variabel lainnya. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui nilai pengaruh signifikasi untuk kecepatan pengiriman (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan terhadap kompetensi kepuasan konsumen (Y) adalah 0,149 yaitu 0,005 dan nilai thitung 1,459 < ttabel 1,998 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho tidak diterima berarti tidak berpengaruh antara kecepatan pengiriman (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan nilai thitung 5,091 > ttabel 1,998 sehingga dapat disimpulkan Ho diterima berarti terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y).


Keywords


Kecepatan Pengiriman, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Afandi, S. M. (2019). Pengaruh Kecepatan Pelayanan, Kepercayaan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi Danmanajemen, 3, 14–34.

Choiriyah, A. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi Haluku Bogor, Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Dayyan, A. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Anteraja Cabang Tebet, Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Dewantoro, M., Aryani, L., Marzuki, F., (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE. Prosiding BIEMA Vol 1, 2020

Fadillah, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di J&T Express Cabang Cibubur Jakarta. Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Handayani, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Smesco Indonesia. Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 175–182.

Irwana, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt . Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Di Makassar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA 1251- 1259.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Manajemen Pemasaran ISSN N0. (ONLINE) 2598-2893

Maelinda, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Di Jurumudi Baru. Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Nafis, M. D. (2021). Efektifitas Strategi Pemasaran Produk Deposito Dana Mulia IB Di Pt. Bprs Saka Dana Mulia Kudus. Skripsi UIN Walisongo Semarang.

Ningsih, D. J. (2021). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang J&T Express di Cabang DC Pekayon, Skripsi Universitas Indraprasta PGRI.

Ngatno, (2018). Manajemen Pemasaran. EF Press Digimedia Pondok Bukit Agung C-5, Sumurboto Banyumanik Semarang.

Noor, F. V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center Ii Hpai Kota Bengkulu). Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No.2.

Pratama. K. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Presepsi Harga, Dan Suasana Terhadap Kepuasan Konsumen Di Nest Coffee And Donuts Yogyakarta. Skripsi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik (e): 2503-4790.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Sidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasir Jambu, Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), No 2 Tahun XI.

Sulaksana, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta, Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

ALFABETA, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i3.20801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agus Jamaludin; Toto Widiarto; Juni Mashita; Muhammad Aldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.