Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa di Akademi Maritim Pembangunan Jakarta

Wildha Banuyekti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa tingkat 2 di semester 4  pada mata kuliah metode penelitian dengan pengamatan dilakukan 4 kali pertemuan. Metode yang dilakukan dari penelitian ini adalah kualitatif,  data dikumpulkan melalui teknik observasi dengan jenis participant observation. Hasil dari penelitian penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan komunikasi mahasiswa di Akademi Maritim Pembangunan Jakarta hasilnya sangat bisa diterapkan pada mata kuliah metode penelitian dengan baik,  komunikasi interpersonal sangat banyak sekali manfaatnya untuk mahasiswa secara personal maupun dengan orang banyak, akan tetapi pentingnya peran aktif dosen dalam meningkatkan aktivitas mahasiswa agar aktif dalam berkomunikasi pada mata kuliah metode penelitian dengan  metode pembelajaran yang tidak membosankan dengan solusi metode pembelajaran  jigsaw dimana model pembelajaran yang menekankan kerja sama kelompok agar aktif dalam berkomunikasi dalam memberikan informasi berupa ilmu dan pengetahuan sehingga tujuannya tercapai. Terlihat dari pengamatan 4 kali pertemuan dari yang pertama dilakukan mahasiswa kurang sekali merespons pembelajaran, namun dalam proses selanjutnya mahasiswa sangat senang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran jigsaw dengan serta terlihat dari pertemuan kedua sampai keempat mahasiswa dapat mengutarakan informasi yang diperoleh baik dari segi akademis maupun psikis.

 


Keywords


Metode pembelajaran, jigsaw, komunikasi interpersonal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bimbingan, J., & Islam, K. (2019). Ghaidan EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL. 24–30.

Dkk, siti N. (2019). Buku Strategi Pembelajaran lengkap.pdf (p. 2).

Engineering, I., Ningsih, S. R., Suryani, A. I., Darwas, R., Metamedia, U., & Barat, S. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Assigment Sebagai Media Evaluasi. 6(2), 88–95.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Kurniawan, M. R., Arif, E., & Asmawi, A. (2021). Hubungan antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 485–493. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.683

OKTAVIA, N. (2022). Mengenal Model Pembelajaran Jigsaw di Sekolah. AKUPINTAR.ID. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/mengenal-model-pembelajaran-jigsaw-di-sekolah

PenelitianIlmiah.com. (2022). Pengetian Observasi Partisipan dan 3 Contohnya. PenelitianIlmiah.Com. https://penelitianilmiah.com/observasi-partisipan/

SARMIATI, E. R. R. (2019). Komunikasi Interpersonal Elva Ronaning Roem Sarmiati Cv . Irdh.

Setyawati, R. K. (2021). Peran Bagian SDM & Perlunya Perencanaan Karier bagi Karyawan. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 6(2), 177–191. https://doi.org/10.36914/jak.v6i2.670

Simaremare, agus, Juni, purba, N. (2021). Metode coperative learning tipe jigsaw (1 (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung.

Tabroni, G. (2022). Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli. Serupa.Id. https://serupa.id/metode-penelitian/

Wibowo sigit, abidin zainal, kurniasih eka. (2022). Model pembelajaran efektif di era new normal (R. Hartono (ed.); 1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.

Wilman, J. (2023). Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw beserta Tujuan, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Contoh. QuipperBlog. https://www.quipper.com/id/blog/author/wilmanjuniardi/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i2.18187

Data citation

-

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wildha - Banuyekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.