Efek Metode Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 1 Lelea Kabupaten Indramayu

Wiryanto Wiryanto(1), Irna Kumala(2*), Ufiya Putri Adhiyati(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Unindra
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan 4.0 membuat para pengajar dituntut untuk lebih kreatif dan memiliki inovasi tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang manfaatnya dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Dimana motivasi belajar tersebut memiliki fungsi sebagai salah satu dari sekian banyak faktor pendorong yang mampu mempengaruhi penentuan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Apabila, motivasi belajar siswa meningkat, maka akan semakin tinggi juga hasil belajar yang didapatkannya. Sehingga motivasi belajar adalah sesuatu hal penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan riset ini ialah untuk mengetahui bagaimana efek metode pembelajaran berbasis e-learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII TKR SMK N 1 Lelea di Kabupaten Indramayu. Hipotesis penelitian yang diuji yaitu adanya efek signifikan dan positif diantara variabel pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII TKR di SMKN 1 Lelea. Penelitian dilakukan dengan metode Survei. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XII TKR dengan jumlah besaran sampel 67 responden, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Terdapat 40 pernyataan yang disusun untuk disebarkan dalam bentuk kuesioner. Dalam menganalisis data, digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji hipotesis memperlihatkan pembelajaran e-learning berefek signifikan dan positif dengan motivasi belajar peserta didik kelas XII TKR  SMKN 1 Lelea, terbukti dari ? ?????? > ? ?????yaitu 7,501 > 1,99773. Hasil riset ini dimaksudkan untuk memberitahukan pembaca bahwa  peningkatan pembelajaran e- learning dapat berguna untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

 


Keywords


Metode Pembelajaran, E-Learning, Motivasi, Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Khusniyah, Nurul Lailatul. Hakim, Lukam. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasisis Daring : Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. Volume 17, No. 1, Juni 2019

Ngafifi. Muhamad (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1, 2014.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahyu, A. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation (Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Yahya. Muhammad (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan indonesia. 2018. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/154762984.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i2.17502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wiryanto Wiryanto, Irna Kumala, Ufiya Putri Adhiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.